Februari 25, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Banyak yang terluka saat gempa M5.2 dini hari melanda area Teluk Tokyo

Banyak yang terluka saat gempa M5.2 dini hari melanda area Teluk Tokyo

Gempa bumi dengan kekuatan awal 5,2 skala Richter mengguncang daerah sekitar Teluk Tokyo Kamis pagi, termasuk Prefektur Chiba dan pusat kota Tokyo, melukai beberapa orang, menurut Badan Meteorologi Jepang dan otoritas setempat.

Gempa pada pukul 04:16 mencatat 5 tertinggi pada skala intensitas seismik Jepang 7 di Kisarazu dan 5 lebih rendah di Kimitsu, keduanya di Prefektur Chiba, dan 4 di daerah termasuk bangsal Chiyoda dan Shinagawa di Tokyo, menurut Badan Meteorologi Jepang. Tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan.

Genteng berserakan di tanah di Kisarazu, Prefektur Chiba, setelah gempa terjadi sebelum fajar pada 11 Mei 2023 (Kyodo)

Sumber: Badan Meteorologi Jepang

Agensi mendefinisikan Level 5 atas sebagai situasi di mana banyak orang merasa sulit untuk berjalan. Ini adalah pertama kalinya sejak Maret 2012 Prefektur Chiba dilanda gempa berkekuatan 5, menurut badan tersebut.

Di Kisarazu, genteng dipindahkan dari tiga rumah dan berserakan di tanah, sementara jendela bangunan retak akibat guncangan.

Dua wanita berusia 70-an menderita luka ringan di Prefektur Chiba. Dua orang lagi terluka di Prefektur Kanagawa yang bertetangga, di mana seorang wanita jatuh di rumahnya dan seorang pria tertembak di kepala oleh lampu yang jatuh dari rak saat dia sedang tidur. Tidak ada laporan segera tentang korban di Tokyo.

Hitachi Building Systems, sebuah perusahaan pengelola fasilitas gedung besar, mengatakan sekitar 3.000 elevator di Tokyo dan sekitarnya, termasuk Prefektur Chiba, telah berhenti tetapi tidak ada yang terjebak di dalamnya. Pekerjaan untuk menghidupkan kembali lift hampir selesai pada pukul 11 ​​​​pagi

Banyak lift berhenti secara otomatis setelah gempa terdeteksi. Elevator di bangunan tempat tinggal bertingkat tinggi telah terpengaruh terutama, menurut Elevator Systems Co.

READ  Polisi Belanda mengatakan 6 orang tewas setelah sebuah truk menabrak pemanggang komunitas

Sebagian besar jalur kereta beroperasi secara normal dari layanan pertama mereka dan tidak banyak gangguan bagi penumpang di pagi hari.

JMA memperingatkan bahwa gempa bumi berkekuatan 5 mungkin terjadi selama sekitar satu minggu.

Pada hari Kamis, gempa berkekuatan 4,0 di Bangsal Mihama di Kota Chiba dan beberapa bangsal di Yokohama dan Kawasaki, keduanya di selatan Tokyo.

Itu berasal dari Prefektur Chiba selatan pada kedalaman sekitar 40 kilometer. Badan tersebut awalnya melaporkan kekuatan 5,4 tetapi kemudian merevisinya menjadi 5,2.

Bagan retak tarif kereta digambarkan di Stasiun JR Kisarazu, Prefektur Chiba, setelah gempa dini hari pada 11 Mei 2023 (Kyodo)

Pengumuman penangguhan kereta ditampilkan di Stasiun JR Kisarazu, Prefektur Chiba, setelah terjadi gempa sebelum fajar pada 11 Mei 2023 (Kyodo)


Cakupan terkait:

Gambar: Kerusakan akibat gempa besar di Jepang tengah