Mei 25, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Bank Indonesia memperluas QRIS ke Singapura

Bank Indonesia memperluas QRIS ke Singapura

Bank Indonesia akan memperluas Standar Indonesia untuk Quick Response Code (QRIS) ke Singapura mulai 17 November.

Singapura akan masuk dalam daftar negara yang bisa menggunakan QRIS karena Malaysia dan Thailand sudah menerapkan sistem pembayaran ini.

QRIS adalah penyedia layanan sistem pembayaran dengan menggunakan kode QR. Sistem ini dikembangkan oleh Departemen Sistem Pembayaran bekerja sama dengan Bank Indonesia dengan tujuan untuk membuat proses transaksi menggunakan kode QR menjadi lebih mudah, cepat, dan aman.

Pada 17 November, proses QRIS antar negara akan diperluas ke Singapura serta Malaysia dan Thailand.dikatakan Gubernur Bank Indonesia Perry Vargeo pada konferensi pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan di kantor Bank Indonesia Jakarta pada Jumat, 3 November 2023.

Dalam kesempatan itu, Deputi Gubernur Bank Indonesia Filianingsih Henderda menyampaikan implementasi QRIS di Malaysia dan Thailand terus berkembang baik untuk transaksi inbound maupun outbound.

“Inbound” mengacu pada wisatawan yang tiba di Indonesia, “outbound” mengacu pada orang Indonesia di negara-negara tersebut.

“Ini terutama terjadi di destinasi wisata dan kawasan bisnis seperti Jakarta, Bali, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Wisatawan Malaysia juga datang untuk berbelanja dan sudah menggunakan QRIS,” ujarnya.

Hendertha mencatat, kedepannya QRIS akan diterapkan di negara-negara Asia lainnya antara lain India, Jepang, China, dan Korea Selatan.

“Jika Anda mengunjungi salah satu negara tersebut, pindai kode QR-nya. Yang penting jaga keseimbangan di ponsel,” ujarnya.

READ  Nokia dan Indosat Luncurkan Jaringan Uradoo 5G di Indonesia