Maret 3, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Bagaimana wisatawan internasional dapat mencapai destinasi unggulan di Indonesia, termasuk Bali

Bagaimana wisatawan internasional dapat mencapai destinasi unggulan di Indonesia, termasuk Bali

Indonesia adalah tujuan wisata populer di seluruh dunia dan berada di urutan teratas daftar tujuan perjalanan banyak orang. Negara ini populer meskipun tidak ada penerbangan langsung ke Amerika Utara atau Eropa di luar Amsterdam dan Istanbul. Seiring dengan pertumbuhan pariwisata di Indonesia sebesar hampir 65 persen sejak pandemi ini, para pelancong, terutama yang berasal dari Eropa dan Amerika Utara, menunjukkan minat untuk mengunjungi Bali dan destinasi Indonesia lainnya.

Pembawa Bendera Indonesia Garuda Indonesia | Foto: Mark Alexander Singh | penjelajah udara

melalui Eropa

Dari Amerika Utara, wisatawan dari sebagian besar kota besar memiliki penerbangan langsung ke Amsterdam, satu-satunya kota di Eropa Barat dengan penerbangan nonstop ke Jakarta atau Denpasar-Bali di Indonesia. Mereka dapat terbang dengan maskapai besar Amerika Utara seperti KLM atau Delta Air Lines atau Air Canada. Begitu penumpang sampai di Amsterdam, bisa langsung terbang ke Indonesia dengan KLM atau Garuda Indonesia.

Penumpang yang memilih terbang dengan KLM dapat terbang dari hub Amsterdam ke Jakarta atau Bali. Namun, penerbangan ini beroperasi dengan layanan satu atap masing-masing di Kuala Lumpur dan Singapura. KLM melayani Jakarta dengan Boeing 787-9 dan Bali dengan Boeing 777-200ER. Penumpang dapat terbang langsung dari Amsterdam ke Indonesia dengan rute Garuda Indonesia ke Jakarta dengan pesawat Boeing 777-300ER.

Di Eropa Timur, penumpang dapat menerbangkan Turkish Airlines dari hub Istanbul ke Jakarta atau Bali masing-masing menggunakan Airbus A350-900 dan Boeing 777-300ER. Turkish Airlines menawarkan beberapa penerbangan nonstop ke Amerika Utara. Sebagai bonus, wisatawan dapat mengajukan singgah sebentar di Istanbul jika mereka memilih untuk terbang dengan Turkish Airlines.

Lion Air adalah maskapai penerbangan bertarif rendah asal Indonesia Foto: Nicholas Williams | penjelajah udara

melalui Timur Tengah

Di Timur Tengah, wisatawan dapat mencapai Indonesia nonstop dengan tiga maskapai besar Teluk, Etihad, Emirates, dan Qatar Airways. Maskapai-maskapai penerbangan ini menawarkan penerbangan ke beberapa kota besar di Amerika Utara dan Eropa dengan hub masing-masing di Abu Dhabi, Dubai dan Doha, sehingga memungkinkan perjalanan satu atap yang nyaman ke Indonesia.

READ  Pemerintah Indonesia bertujuan untuk memerangi penipuan dan mengukur UMKM

Pada tahap kedua penumpang dapat mengambil salah satu dari tiga penerbangan utama Teluk ke Jakarta. Mereka yang ingin bepergian ke Bali dapat terbang dengan Emirates atau Qatar Airways. Namun mulai 15 Juni, penumpang sudah bisa terbang ke Bali dari Etihad dengan diluncurkannya layanan langsung dari Abu Dhabi dengan pesawat Boeing 787-9. Selain Jakarta dan Bali, penumpang bisa terbang dari Doha ke Medan dengan Qatar Airways Boeing 787-8.

AirAsia adalah maskapai penerbangan bertarif rendah asal Malaysia yang memiliki anak perusahaan di Indonesia Foto: Thomas Say | penjelajah udara

melalui Asia

Dari Asia, wisatawan memiliki lebih banyak pilihan untuk one-stop itinerary ke Indonesia, khususnya Jakarta dan Bali. Maskapai besar Asia seperti Korean Air, All Nippon Airways (ANA), Cathay Pacific, dan China Eastern menawarkan penerbangan langsung ke banyak tujuan di Amerika Utara termasuk Seoul, Tokyo, Hong Kong, dan Shanghai.

Lima maskapai penerbangan Amerika Utara – Delta Air Lines, Aeromexico, Air Canada, United Airlines dan American Airlines – menawarkan layanan langsung ke kota-kota Asia seperti Tokyo dan Seoul, di mana penumpang dapat terhubung dengan maskapai lain untuk terbang ke Indonesia.

Selain maskapai besar Asia atau Amerika Utara, wisatawan dapat memilih maskapai hemat seperti Air Asia X begitu mereka tiba di Asia Timur atau Tenggara dari Amerika Utara. Skenario ini menghemat uang wisatawan untuk penerbangan ke Indonesia.

Batik Air adalah maskapai penerbangan Indonesia lainnya Foto: Ryan Wang | penjelajah udara

Merencanakan perjalanan Anda ke Indonesia

Meskipun koneksi satu atap ke Indonesia melalui Eropa, Asia atau Timur Tengah merupakan pilihan yang baik, wisatawan juga dapat terbang ke kota-kota besar di Australia dan Afrika. Seiring dengan meningkatnya pariwisata di Indonesia, wisatawan, terutama yang berasal dari Amerika Utara, akan memiliki lebih banyak pilihan dan akses yang lebih mudah ke negara ini.

READ  Pejabat GAPKI mengatakan Indonesia tidak akan lagi membatasi ekspor minyak sawit