Januari 18, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Australia kemungkinan akan berhasil karena langkah Indonesia untuk mengurangi ekspor batu bara

Tetapi jika itu terus berlanjut, China bisa terpaksa mundur dari sikapnya terhadap impor barang dari Australia.

“Australia, pengekspor batubara termal terbesar kedua setelah Indonesia, akan berlanjut untuk sementara waktu jika ekspor batubara dilarang,” kata Fitch dalam sebuah pernyataan.

“China kemungkinan akan melanjutkan impor batubara dari Australia setelah jeda dari Desember 2020. Australia juga akan mendapat manfaat dari permintaan yang kuat dari Jepang, Korea Selatan, dan India.”

Fitch mengatakan pihaknya mengharapkan Indonesia pada akhirnya mencabut embargo ekspor, tetapi ini akan memberikan dorongan sementara untuk industri lokal Australia.

Ketika Perdana Menteri Scott Morrison menyerukan penyelidikan internasional tentang asal-usul Covit-19, China secara efektif memblokir impor batubara Australia karena Huawei memblokirnya dari jaringan 5G barunya untuk alasan keamanan, membuat marah Australia dan melemahkan hubungan diplomatik.

China, yang dikenal sebagai penggerak ekonomi, telah sedikit mereda dalam beberapa pekan terakhir Larangan tidak resmi atas batu bara Australia Beberapa ekspor barang yang diizinkan untuk diselesaikan oleh bea cukai akan melemahkan larangannya karena kekurangan listrik nasional yang mengancam pemulihan ekonomi negara tersebut.

Saat negara itu menghadapi musim dingin yang gelap yang dapat membuat jutaan orang tidak memiliki pemanas, China sangat membutuhkan batu bara panas untuk digunakan untuk menghasilkan listrik.

Dalam beberapa tahun terakhir, China selalu membeli dalam jumlah besar dari Indonesia sebagai alternatif barang Australia.

Tetapi permintaan ekspor batubara Australia dari bagian lain Asia kuat. Pendapatan ekspor sumber daya dan energi diproyeksikan mencapai $379 miliar pada 2021-22 karena permintaan batu bara dan gas Australia terus meningkat dalam menghadapi kekurangan energi global.

Permintaan ini merupakan keuntungan bagi eksportir batubara Australia, karena saham Whitehaven dan New Hope telah meningkat kuat dalam beberapa bulan terakhir.

READ  Abu vulkanik Indonesia keluarkan awan gunung berapi baru

Ekspor terus menurun Pembangkit listrik tenaga batu bara Australia telah jatuh ke level terendah dalam tiga bulan terakhir tahun 2021 Peningkatan pesat sinar matahari telah mendorong sumber energi terbarukan ke hampir sepertiga dari listrik yang dihasilkan di jaringan utama.

Dimulainya kembali ekspor batubara dari Australia ke China dapat menyebabkan resesi yang lebih luas dalam kampanye persuasi ekonomi China. Pemerintah Morrison telah menjadikan ini sebagai syarat untuk mempertimbangkan aplikasi China untuk bergabung dengan Perjanjian Perdagangan Regional Kemitraan Trans-Pasifik.

Morrison mengatakan Australia tidak akan membuat konsesi apa pun atas dukungan China, sambil mempertaruhkan semakin mengasingkan Beijing dari keputusannya. Banding ke Organisasi Perdagangan Dunia Menyusul larangan Cina terhadap anggur dan jelai Australia.