Desember 9, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Asahi Linux merayakan segitiga pertama di Apple M1 dengan driver open source

Asahi Linux merayakan segitiga pertama di Apple M1 dengan driver open source

Sementara ada kemajuan dengan Kode mesa menargetkan Apple M1 Untuk tes dasar seperti glmark2, ini adalah upaya tradisional yang berjalan di bawah macOS dengan driver kernelnya sendiri. Minggu ini, kru Asahi Linux merayakan segitiga pertama yang ditampilkan bekerja dengan paket driver open source sepenuhnya.

Sejak tahun lalu ada Kode Apple M1 awal di Mesa Dari pengembang Asahi Linux dengan Alyssa Rosenzweig memimpin upaya rekayasa balik grafis. Sebagian besar pekerjaan driver OpenGL awal di macOS dilakukan karena pekerjaan rekayasa balik yang terjadi di sana dengan Apple tidak menerbitkan spesifikasi atau driver apa pun dari platform lain. Selain melakukan pekerjaan Gallium3D/Mesa, seperti menjalankan shader interpreter dan membandingkan hasilnya dengan tumpukan driver macOS, ini berguna sekaligus dapat memanfaatkan driver kernel macOS sehingga memiliki driver DRM/KMS Linux sudah pasti berguna.

Bagi mereka yang menggunakan Asahi Linux saat ini, hanya ada driver dasar untuk cache frame, dan akselerasi OpenGL hanya memanfaatkan LLVMpipe. Tetapi minggu ini dengan versi beta terbaru dari kernel Linux dan Kode Mesa yang sedang dikerjakan oleh pengembang Asahi, mereka sekarang telah berhasil merender segitiga pertama mereka menggunakan paket driver open source sepenuhnya. (Modernisasi: Ternyata segitiga pertama ini tampaknya berasal dari lingkungan berbasis m1n1 dan belum merupakan set driver Linux yang tepat.)

Pengembang Asahi Lina telah membagikan kabar baik tentang segitiga pertama dari driver yang sepenuhnya tidak terkunci ini.


Asahi Lina menunjukkan segitiga M1 pertama yang dirender Apple pada paket driver open source sepenuhnya – tidak seperti pencapaian sebelumnya, itu tidak bergantung pada driver kernel macOS saat ini.

Ini akan memakan waktu sebelum Anda dapat berharap untuk memainkan game OpenGL pada perangkat Apple M1 dengan fitur GL modern dan kinerja yang baik, tetapi kemajuan yang baik sedang dibuat oleh kru Asahi Linux dan mudah-mudahan di masa depan kami akan memiliki perangkat lunak Vulkan open source yang bagus menumpuk juga pada waktunya.

READ  Headphone Beats Studio Buds Apple yang berwarna-warni melakukan pembatalan bising aktif dengan harga murah sekarang