Januari 31, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Aryeh Deri: Netanyahu memecat sekutu kunci mengikuti perintah Mahkamah Agung


Yerusalem
CNN

Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu Aryeh Deri memecat sekutu utamanya dari semua jabatan kabinet pada Minggu, sesuai dengan keputusan Israel. Putusan Mahkamah Agung Tidak masuk akal untuk menunjuk pemimpin partai Shas ke posisi di pemerintahan.

Pengadilan mengatakan penunjukan Deri “tidak dapat dilanjutkan” karena hukuman pidananya dan karena dia mengatakan kepada pengadilan tahun lalu sebelum hukuman penipuan pajaknya bahwa dia akan pensiun dari kehidupan publik.

Netanyahu mengatakan kepada Al-Dari bahwa dia mengambil langkah “dengan berat hati, dengan sangat sedih,” menurut pernyataan dari Kantor Perdana Menteri.

Pemecatan Deri terjadi keesokan harinya setelah lebih dari 100.000 orang berdemonstrasi di pusat Tel Aviv menentang pemerintah Netanyahu dan merencanakan reformasi peradilan, menurut perkiraan polisi di media Israel. Polisi mengatakan ribuan orang melakukan protes di Yerusalem dan kota-kota Israel lainnya.

Ini adalah minggu ketiga penentang pemerintah Netanyahu turun ke jalan sebagai protes, tetapi ini adalah jumlah pemilih terbesar.

Menteri Kehakiman Netanyahu, Yariv Levin, mengumumkan serangkaian reformasi peradilan awal bulan ini yang akan memungkinkan parlemen untuk membatalkan keputusan Mahkamah Agung dan memberi politisi lebih banyak kekuatan dalam menunjuk hakim. Pada hari Rabu, Mahkamah Agung memutuskan bahwa Netanyahu harus mencopot Deri, yang sebelumnya telah dihukum karena tuduhan kriminal termasuk pelanggaran pajak. Deri menjalani hukuman percobaan dan mengatakan dia meninggalkan jabatan publik.

Partai Shas Al-Dari – yang memenangkan 11 kursi di Knesset 120 kursi Israel pada November dan merupakan komponen kunci dari koalisi Netanyahu – segera menanggapi, menyebut keputusan pengadilan “sewenang-wenang dan belum pernah terjadi sebelumnya”.

Pengunjuk rasa Israel mengambil bagian dalam unjuk rasa menentang pemerintahan baru Netanyahu di Tel Aviv pada 21 Januari 2023.

Partai agama Sephardi mengatakan bahwa pengadilan “hari ini membatalkan pemungutan suara dan suara 400.000 pemilih dari gerakan Shas.”

READ  Pejabat Ukraina mengatakan bahwa banyak yang tewas dan terluka dalam pemboman Rusia di Kharkiv

“Hari ini pengadilan sebenarnya memutuskan bahwa pemilu tidak ada artinya. Keputusan pengadilan bersifat politis dan jahat,” kata partai itu.

Mahkamah Agung telah diminta untuk memutuskan apakah masuk akal secara hukum untuk menunjuk Deri ke posisi di pemerintahan Netanyahu terlepas dari tuduhan penipuan pajak. Para hakim memutuskan bahwa pengangkatannya “tidak dapat dilanjutkan”.

“Ini, antara lain, karena tumpukan hukuman pidana,” dan kegagalannya untuk pensiun dari kehidupan publik seperti yang dia katakan ketika dia diadili dalam kasus penggelapan pajak.

Para pemimpin oposisi, termasuk mantan Perdana Menteri Yair Lapid dan mantan Menteri Pertahanan Benny Gantz, mengambil bagian dalam protes pada hari Sabtu di Tel Aviv.

Apa yang Anda lihat di sini hari ini adalah demonstrasi yang mendukung negara. Orang-orang yang mencintai negara datang untuk mempertahankan demokrasinya, pengadilannya, gagasan tentang kehidupan bersama dan kebaikan bersama.” Ada pecinta Israel yang datang ke sini untuk menunjukkan negara Yahudi yang demokratis sesuai dengan nilai-nilai ​Deklarasi Kemerdekaan. Kami tidak akan menyerah sampai kami menang.”