Juli 24, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Artis dan pembicara menarik diri dari SXSW karena dukungan militer AS terhadap Israel

Artis dan pembicara menarik diri dari SXSW karena dukungan militer AS terhadap Israel

Lusinan musisi dan panelis keluar dari wilayah Selatan melalui Southwest Conference and Festivals di Austin, Texas, untuk memprotes sponsor dari perusahaan militer dan pertahanan AS ketika tekanan meningkat terhadap dukungan militer AS terhadap perang Israel melawan Hamas di Gaza.

Lebih dari 80 artis dan panelis SXSW telah bergabung dalam boikot pada hari Rabu, menurut penyelenggara. Koalisi Austin untuk Palestina.

Ibrahim Batshoun, seorang warga Palestina-Amerika dan CEO BeatStars, sebuah platform lisensi musik digital dan sponsor lama festival musik dan teknologi tersebut, mengundurkan diri dari SXSW setelah mengetahui peningkatan partisipasi Departemen Pertahanan AS tahun ini. Amerika Serikat adalah pemasok peralatan militer terbesar ke Israel.

Batshon, seorang Palestina-Amerika yang dikenal sebagai Abe, mengatakan bahwa enam anggota keluarganya tewas dalam pemboman pada bulan November ketika mereka mengungsi di sebuah gereja di Kota Gaza.

“Ketika saya mengetahui bahwa mereka akan hadir secara besar-besaran di festival musik di mana para kreatif dan anak muda berkumpul untuk berkolaborasi dan berkomunikasi, saya tidak dapat mendukungnya,” katanya.

Gadis LambriniDuo rock indie asal Brighton di Inggris termasuk di antara beberapa artis yang membuat pernyataan di media sosial dengan menyebut sponsor dari kontraktor pertahanan militer seperti Collins Aerospace, RTX dan BAE Systems sebagai alasan penarikan mereka dari festival tersebut.

“Hal ini dilakukan sebagai bentuk solidaritas terhadap rakyat Palestina dan untuk menyoroti hubungan mendalam dan tidak dapat diterima yang dimiliki festival ini dengan perusahaan senjata dan militer AS yang pada saat ini memungkinkan terjadinya genosida dan kelaparan terhadap penduduk yang terkepung,” katanya. Grup rap Irlandia Kneecap. Dia berkata dalam a penyataan.

Gubernur Texas Greg Abbott, R-Texas, mengambil nada menantang sebagai tanggapan terhadap boikot tersebut.

READ  Review dan Sinopsis Film Master Gardener (2023)

“Selamat tinggal. 'Jangan kembali,'” katanya buku Di media sosial, menunjukkan bahwa Austin adalah markas besar… Komando Masa Depan Angkatan Daratsebuah cabang militer yang didirikan pada tahun 2018 untuk fokus pada inovasi teknologi.

“Kami bangga dengan Angkatan Darat Amerika di Texas,” katanya. “Jika kamu tidak menyukainya, jangan datang ke sini.”

Komando Masa Depan Angkatan Darat telah berpartisipasi dalam festival tersebut sejak tahun 2018, tetapi tahun ini mereka berperan sebagai “sponsor utama.” Lapisan pemasaran teratas. Seorang juru bicara festival tidak segera menanggapi permintaan informasi pada hari Rabu, dan tidak jelas berapa banyak yang telah dibayar pihak militer untuk berpartisipasi sebagai sponsor premium.

“Kami bangga menjadi sponsor SXSW dan memiliki kesempatan untuk menampilkan Angkatan Darat AS,” kata Letkol Lindsey Elder, juru bicara Angkatan Darat. “SXSW menawarkan kesempatan unik bagi Angkatan Darat untuk bertemu dengan para inovator dan pemimpin teknologi, mengeksplorasi ide-ide dan wawasan baru, dan menciptakan kemitraan industri yang dinamis seiring kita melakukan modernisasi untuk masa depan.”

Beberapa jam setelah komentar Abbott, penyelenggara SXSW mengeluarkan pernyataan mereka sendiri, mengatakan bahwa mereka tidak setuju dengan gubernur tersebut, namun mengundang perusahaan pertahanan ke konferensi tersebut membantu mencapai misi mereka.

“Kami adalah organisasi yang menyambut beragam sudut pandang.” bukuIa menambahkan, “Industri pertahanan secara historis menjadi tempat uji coba bagi banyak sistem yang kita andalkan saat ini. Organisasi-organisasi ini sering kali merupakan pemimpin dalam teknologi yang sedang berkembang, dan kami pikir sebaiknya kita memahami dengan lebih baik bagaimana pendekatan mereka akan berdampak pada kehidupan kita.

Beberapa band yang menarik diri dari pertunjukan festival setuju untuk tampil di klub malam Austin pada hari Rabu dalam sebuah acara yang menganjurkan upah yang adil bagi para musisi, menurut surat kabar Inggris “Daily Mail”. Persatuan Musisi dan Pekerja Sekutu Serikat pekerja.

READ  Jonathan Bailey dari Bridgerton di Wicked Fierro

Boikot SXSW merupakan unjuk rasa terbaru para artis terhadap keterlibatan AS dalam konflik Israel dan Gaza.

Pasukan Pertahanan Israel memulai kampanye militer di Gaza setelah serangan militan Hamas pada 7 Oktober yang menewaskan 1.200 orang di Israel dan menyandera lebih dari 250 orang.

Sejak itu, lebih dari 30.000 orang telah terbunuh di Gaza, menurut Kementerian Kesehatan Gaza.

Festival SXSW, yang pertama kali diadakan pada tahun 1987 dan dimulai tahun ini pada tanggal 8 Maret dan berlangsung hingga 16 Maret, biasanya menarik lebih dari 300.000 peserta, menurut Kunjungi Austin. Tahun lalu, lebih dari 1.000 pembicara, lebih dari 300 panel dan puluhan pameran berpartisipasi dalam festival ini. Acara tersebut, yang tugasnya mencakup eksplorasi titik temu antara seni, teknologi, dan konvergensinya dengan budaya, mencakup serangkaian panel, pertunjukan, pemutaran film, dan pameran.

Selama beberapa dekade, festival SXSW telah menjadi landasan peluncuran penting bagi para musisi dan pembuat film baru, yang faktor kerennya telah membantu menarik nama-nama besar di bidang teknologi (Michael Dell Pada tahun 2022), politik (Barrack Obama pada tahun 2016) dan seni pertunjukan (Bruce Springsteen Tahun 2012).

Festival Pembicara unggulan Tahun ini termasuk nominasi Oscar Colman Domingo, penyanyi dan aktris Selena Gomez dan Meghan, Duchess of Sussex.

Minggu lalu, di Academy Awards di Los Angeles, aktor Mark Ruffalo dan bintang pop Billie Eilish termasuk di antara peserta yang mengenakan pin merah untuk menyerukan gencatan senjata di Gaza.