Januari 28, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Apakah Anda menutupi mencuci?  Anda tidak akan melihat ini setelah menonton ini: ScienceAlert

Apakah Anda menutupi mencuci? Anda tidak akan melihat ini setelah menonton ini: ScienceAlert

Para ilmuwan menggunakan kombinasi laser hijau dan kamera untuk menerangi efek penyiraman toilet di sekitarnya – dan kami ragu Anda akan mendapatkan kesempatan untuk membiarkan tutupnya terbuka saat menyiram lagi setelah melihat hasilnya.

Video yang diproduksi oleh tim peneliti dari University of Colorado, Boulder, di Amerika Serikat, menunjukkan gelombang tetesan air kecil, tidak terlihat oleh mata telanjang, terbang keluar dari toilet setelah menyiramnya. Agak menjijikkan, jika Anda memikirkan apa yang bisa ditangguhkan di tetesan kecil itu.

“Orang-orang tahu toilet mengeluarkan semprotan, tapi mereka tidak bisa melihatnya,” kata insinyur sipil dan lingkungan John Crimaldidari University of Colorado Boulder.

“Kami menunjukkan bahwa hal ini adalah kolom yang jauh lebih aktif dan menyebar daripada orang yang tahu tentang konsep ini.”

Seperti yang diakui oleh para peneliti sendiri, ada “faktor lemah” di sini – diperkuat oleh cahaya hijau yang menakutkan dari sinar laser – tetapi juga pesan penting tentang kebersihan kamar mandi, baik di rumah pribadi maupun di toilet umum yang sering kali tidak tertutup.

Crimaldi dan rekan penelitinya dengan hati-hati menekankan bahwa mereka bukan ahli epidemiologi, sehingga tidak ada perhitungan yang tepat di sini mengenai potensi penyebaran penyakit. Namun, tampilan mereka menyediakan elemen grafis untuk Studi lain yang mencoba untuk memperkirakan karakteristik aerosol sarat bakteri.

Ketika Pelajaran sebelumnya Setelah mengidentifikasi dengan jelas kemungkinan partikel keluar dari toilet selama pembilasan, masih ada banyak ketidakpastian tentang bagaimana partikel ini berpindah dan ke mana mereka bisa berakhir.

Dua jenis laser digunakan: satu menyinari toilet secara terus menerus dari atas untuk menerangi tempat kejadian, dan yang lainnya mengirimkan gelombang cahaya cepat melintasi bagian atas mangkuk toilet untuk menyoroti pergerakan partikel. Gambar beresolusi tinggi ditangkap oleh kamera secara bersamaan.

READ  Planet senja dan fajar, gerhana bulan, dan gugus bintang koma

border frame=”0″allow=”akselerometer; mulai otomatis; Tulis papan klip. media yang disandikan giroskop; gambar-dalam-gambar “allowfullscreen>”.

Para peneliti menunjukkan tetesan hingga setinggi 1,5 meter (4,9 kaki) setelah mengalir, bergerak dengan kecepatan melebihi 2 meter (6,6 kaki) per detik di beberapa tempat. Para peneliti menunjukkan bahwa tetesan yang lebih besar mengendap di layanan lebih cepat, sementara tetesan yang lebih kecil dapat bertahan di udara selama beberapa menit.

“Kami mengira partikel aerosol ini akan mengapung, tetapi mereka keluar seperti roket.” kata Krimaldi.

“Tujuan toilet adalah membuang kotoran dari mangkuk secara efektif, tetapi juga sebaliknya, yaitu menyemprotkan banyak isinya.”

Tidak ada apa pun di toilet kecuali air saat menyiram sebuah pengalaman. Juga tidak ada warung di sekitar toilet, dan tidak ada orang yang berlarian seperti mungkin ada toilet umum. Dalam kehidupan nyata, semua variabel ini akan memengaruhi pergerakan tetesan.

Namun, bahkan dalam pengaturan yang agak artifisial ini, jelas ada banyak ruang untuk air – dan apa pun yang membawanya – untuk mengeluarkannya dari mangkuk toilet, yang dapat menempel di permukaan dan pakaian.

Peneliti percaya lebih banyak yang harus dilakukan untuk mengurangi risiko infeksi patogen seperti Escherichia coliDan C.sulitDan norovirusDan Adenovirus Menyebar di toilet umum, dengan metode yang ditingkatkan dalam desain, ventilasi, dan disinfeksi dengan semua opsi.

Agar peningkatan ini bekerja secara efektif, penting untuk mengetahui ke mana air mengalir, yang ditunjukkan penelitian ini lebih dramatis daripada sebelumnya—dan dengan cara yang tidak akan pernah kita lupakan.

“Jika ada sesuatu yang tidak bisa kamu lihat, mudah untuk berpura-pura tidak ada.” kata Krimaldi. “Tapi begitu Anda menonton video ini, Anda tidak akan pernah berpikir untuk menyiram toilet dengan cara yang sama lagi.”

READ  Apa batu seimbang yang aneh di Mars ini?

“Dengan membuat visual yang menarik dari proses ini, penelitian kami dapat memainkan peran penting dalam pesan kesehatan masyarakat.”

Riset dipublikasikan di Laporan ilmiah.