Februari 25, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Antena macet dilepaskan pada pesawat ruang angkasa yang menuju Jupiter

Antena macet dilepaskan pada pesawat ruang angkasa yang menuju Jupiter

Antena radar kritis pada pesawat ruang angkasa yang menuju Jupiter tidak lagi macet

Cape Canaveral, Florida – Sebuah antena radar penting pada pesawat ruang angkasa Eropa menuju Jupiter tidak lagi macet.

Pengendali penerbangan di Jerman merilis antena 52 kaki (16 meter) pada hari Jumat setelah upaya hampir sebulan.

Jupiter Icy Moons Explorer dari Badan Antariksa Eropa, dijuluki Juicy, diluncurkan pada bulan April dalam perjalanan selama satu dekade. Tak lama setelah diluncurkan, pin kecil menolak untuk bergerak dan mencegah antena terbuka penuh.

Pengontrol mencoba menggetarkan dan memanaskan pesawat ruang angkasa untuk memindahkan pin hanya beberapa milimeter. Akhirnya, cascading shake berhasil.

Antena radar akan mengintip jauh di bawah kerak es tiga bulan Jupiter yang diduga menyimpan lautan bawah tanah dan kemungkinan kehidupan. Bulan-bulan itu adalah Callisto, Europa, dan Ganymede, bulan terbesar di tata surya.

Juice akan mencoba memasuki orbit di sekitar Ganymede. Tidak ada pesawat ruang angkasa yang pernah mengorbit bulan selain bulan kita sendiri.

Berita itu tidak baik untuk pesawat luar angkasa Lunar Flashlight NASA. Setelah berjuang tanpa hasil selama berbulan-bulan untuk memasukkan Cubesat ke orbit bulan, badan antariksa itu berhenti pada hari Jumat.

Lunar Lamp diluncurkan pada bulan Desember dan seharusnya mencari es di kawah gelap kutub selatan bulan. Sekarang ia kembali ke Bumi dan kemudian ke luar angkasa, terus mengorbit Matahari.

___

Bagian Kesehatan dan Sains Associated Press menerima dukungan dari grup Media Sains dan Pendidikan Howard Hughes Medical Institute. AP bertanggung jawab penuh atas semua konten.

READ  ScienceAlert: Studi Menunjukkan Seperti Apa Alam Semesta Jika Anda Melanggar Kecepatan Cahaya, Aneh: ScienceAlert