Mei 28, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Android 15 dapat membantu melindungi data Anda dan memperpanjang masa pakai baterai dengan waktu tunggu adaptif

Android 15 dapat membantu melindungi data Anda dan memperpanjang masa pakai baterai dengan waktu tunggu adaptif

Mishal Rahman / Otoritas Android

lira Turki; Dr

  • Android 15 mungkin menambahkan opsi batas waktu adaptif yang secara otomatis mematikan layar perangkat Anda saat tidak digunakan.
  • Penting untuk mengunci perangkat Android Anda saat tidak digunakan agar tidak ada orang lain yang dapat mengakses aplikasi dan data Anda.
  • Fitur batas waktu layar Android mematikan layar perangkat Anda dan kemudian menguncinya setelah jangka waktu tertentu.

Google akan meluncurkan versi utama sistem operasi Android berikutnya, Android 15, sekitar musim gugur ini, dan kami telah mengungkapkan beberapa fitur keamanan dan privasi baru. Ini termasuk ruang pribadi baru untuk aplikasi sensitif Anda, perlindungan tambahan dari perangkat “Ikan Pari” jahat, kontrol yang lebih baik terhadap kapan lokasi Anda dibagikan dengan jaringan seluler, redaksi otomatis kata sandi satu kali (OTP) dari notifikasi, dan banyak lagi. Karena masih ada empat versi pratinjau yang tersisa sebelum rilis stabil Android 15, pasti ada lebih banyak fitur keamanan yang belum ditambahkan atau ditemukan. Salah satu fitur yang kami harapkan dapat dilihat di versi beta mendatang disebut Adaptive Timeout.

Jika Anda mengaktifkan kunci layar pada perangkat Anda (dan memang seharusnya demikian), Android akan secara otomatis mengunci perangkat Anda setelah jangka waktu tertentu. Secara default, Android mematikan layar setelah 30 detik tidak ada aktivitas, lalu mengunci perangkat setelah lima detik tambahan. Ambang batas ini dapat diubah dengan membuka Pengaturan > Tampilan > Batas waktu layar Dan Pengaturan > Keamanan & privasi > Buka kunci perangkat > Pengaturan layar kunci, masing-masing.

Pengaturan batas waktu layar untuk Android 14

Mishal Rahman / Otoritas Android

Jika Anda melakukan sesuatu yang mengharuskan layar perangkat tetap aktif dan tidak terkunci namun Anda tidak dapat berinteraksi dengannya, Anda dapat mengaktifkan fitur Perhatian Layar opsional pada perangkat tertentu. Fitur ini, yang diperkenalkan Google dengan seri Pixel 4, “mencegah layar Anda mati saat Anda melihatnya.” Ini menggunakan kamera depan perangkat Anda untuk mengetahui apakah seseorang sedang melihat layar, jadi meskipun layar biasanya disetel ke waktu mati setelah 30 detik, layar akan tetap terjaga selama ada wajah yang terdeteksi di depannya.

READ  Pengembang Call of Duty menangani "perjodohan berbasis keterampilan" dalam pembaruan yang panjang

Meskipun Android memberi pengguna opsi untuk memperpanjang waktu pemakaian perangkat secara otomatis melalui fitur Perhatian Layar, sistem operasi tidak menawarkan fitur yang melakukan hal sebaliknya. Dengan kata lain, Android tidak memiliki fitur yang secara otomatis dapat mengurangi waktu yang diperlukan agar layar tetap menyala. Hal ini akan berubah di Android 15 dengan fitur batas waktu adaptif yang baru.

itu APK Robek Ini membantu memprediksi fitur yang mungkin hadir dalam layanan di masa depan berdasarkan kode yang sedang dalam proses. Namun, ada kemungkinan bahwa fitur-fitur yang diharapkan ini tidak dapat dirilis secara umum.

Di Pratinjau Pengembang Android 15 2, saya melihat rangkaian pesan untuk setelan “Batas Waktu Adaptif” baru yang “mematikan layar Anda secara otomatis lebih awal jika Anda tidak menggunakan perangkat”. Deskripsi fitur tidak menjelaskan bagaimana sistem operasi sebenarnya mengetahui bahwa Anda tidak menggunakan perangkat Anda, namun sistem operasi mungkin menggunakan kamera depan perangkat Anda atau sensor keberadaan lainnya untuk mengetahuinya.

<string name="contextual_timeout_description">Automatically turns off your screen early if you’re not using your device</string>

<string name="contextual_timeout_title">Adaptive timeout</string>

String ini dapat ditemukan di aplikasi Pengaturan Android 15 DP2, tetapi kode yang mereferensikan string ini termasuk dalam kategori di bawah com.google.* Ruang nama. Hal ini menunjukkan bahwa fitur batas waktu adaptif tidak akan menjadi bagian dari Rilis Sumber Terbuka Android (AOSP), melainkan bagian dari rilis Android 15 Google untuk perangkat Pixel. Ini akan membuatnya mirip dengan fitur Perhatian Layar, yang juga tidak diaktifkan di AOSP karena didukung oleh aplikasi Android System Intelligence Google.

Dengan Adaptive Timeout di Android 15, Anda dapat menikmati manfaat waktu tunggu layar yang diperpanjang tanpa mengorbankan keamanan secara signifikan, karena sistem operasi akan dapat mematikan (dan kemudian mengunci) layar Anda secara cerdas setelah Anda selesai menggunakan perangkat. Hal ini juga berdampak pada masa pakai baterai karena waktu mati layar yang lebih lama berarti layar menyala lebih lama, sehingga menghabiskan lebih banyak baterai.

READ  Resolusi Tahun Baru untuk Perusahaan Teknologi: Kalahkan dengan CAPTCHA
Punya tip? berbicara dengan kami! Email staf kami di [email protected]. Anda dapat tetap anonim atau mendapatkan penghargaan atas informasi tersebut, itu pilihan Anda.