April 17, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Ahli astrofisika mengklaim telah memecahkan persamaan untuk membangun mesin waktu, tapi ada masalah

Ahli astrofisika mengklaim telah memecahkan persamaan untuk membangun mesin waktu, tapi ada masalah

Profesor tersebut menghabiskan karirnya mempelajari teori lubang hitam dan relativitas umum.

Setelah penelitian bertahun-tahun, Ronald Mallett, profesor emeritus fisika di Universitas Connecticut, mengklaim telah mengembangkan persamaan perjalanan waktu, Bumi.com tersebut. Perlu dicatat bahwa obsesi ahli astrofisika terhadap perjalanan waktu dan persamaannya berakar pada masa kecilnya. Mr Mallett berusia 10 tahun ketika ayahnya meninggal mendadak karena serangan jantung, sebuah peristiwa yang menurut dunia mengubah jalan hidupnya selamanya.

Dia kemudian menjadikan misi hidupnya untuk mencari tahu apakah perjalanan waktu mungkin dilakukan. Dia menemukan hiburan dalam membaca – termasuk novel fiksi ilmiah klasik H.G. Wells 'Mesin waktu.'

“Buku itu mengubah hidup saya. Paragraf pertamalah yang mengubah hidup saya. Saya masih ingat pepatah 'Ilmuwan tahu betul bahwa waktu hanyalah sejenis ruang.' Mengapa kita tidak bisa bergerak dalam waktu sementara bergerak dalam dimensi ruang yang lain?

Profesor tersebut kemudian menghabiskan karirnya menyelidiki teori Albert Einstein tentang lubang hitam dan relativitas umum. Namun momen inspirasinya datang saat ia terbaring di rumah sakit setelah menderita penyakit jantung. “Ternyata lubang hitam bisa menciptakan medan gravitasi yang mampu menciptakan putaran waktu yang memungkinkan kita kembali ke masa lalu,” jelasnya.

Visinya tentang mesin waktu berpusat pada apa yang ia sebut sebagai “berkas cahaya yang terus berputar dan intens” untuk memanipulasi gravitasi. Perangkatnya akan menggunakan cincin laser untuk meniru efek distorsi ruang-waktu dari lubang hitam.

''Misalkan Anda sedang minum secangkir kopi di depan Anda saat ini. Mulailah mengaduk kopi dengan sendok. Ini mulai berputar, bukan? Inilah yang dilakukan oleh lubang hitam yang berputar. Dalam teori Einstein, ruang dan waktu saling berkaitan satu sama lain. Itu sebabnya disebut ruang-waktu. Ia menjelaskan, ketika lubang hitam berputar maka akan menyebabkan waktu berubah.

READ  Teleskop Luar Angkasa James Webb menemukan planet ekstrasurya pertama

Namun, dia mengatakan hal itu memerlukan “energi yang sangat besar” dan dia tidak tahu seberapa besar “mesin waktu” ini bisa bekerja. Dia juga tidak yakin kapan atau apakah hal itu akan terjadi, namun menambahkan: “Saya sudah menemukan cara untuk melakukannya. Secara teori, hal itu mungkin terjadi.”

Kritikus mengatakan perangkatnya pasti sangat besar, namun Mallett optimistis suatu hari nanti bisa tercapai.