Juli 26, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Video dari SpaceX menunjukkan kemungkinan menangkap roket Starship pada penerbangan berikutnya

Video dari SpaceX menunjukkan kemungkinan menangkap roket Starship pada penerbangan berikutnya

Perbesar / Pada awal Juni, uji penerbangan roket Starship skala penuh keempat sedang menunggu peluncuran dari Starbase, basis peluncuran perusahaan di Texas selatan.

Luar AngkasaX

di dalam Sebuah video pendek dirilis pada hari KamisMungkin untuk merayakan liburan Empat Juli di AS dengan cahaya merah dari roket terbesar yang pernah ada, SpaceX telah memberikan cuplikan baru dari pengujian terbaru kendaraan peluncuran Starship-nya.

Uji coba ini, roket eksperimental keempat yang diandalkan NASA untuk mendaratkan astronot di bulan, dan suatu hari nanti mungkin akan mengangkut manusia ke Mars, dilakukan pada 6 Juni. Selama penerbangan, tahap pertama roket bekerja dengan baik selama pendakian, dan setelah terpisah dari tahap atas, roket tersebut kembali memasuki Teluk Meksiko. Tahap atas pesawat ruang angkasa Starship tampaknya melakukan perjalanan nominal melalui ruang angkasa sebelum melakukan pendaratan terkendali – meskipun berapi-api – di Samudera Hindia.

Video baru ini terutama berfokus pada fase booster Super Berat dan masuknya ke Teluk. Ada rekaman baru dari kamera di atas panggung pertama setinggi 71 meter serta pelampung terdekat di permukaan air. Video dari pelampung tersebut, khususnya, menunjukkan tahap pertama pendaratan secara vertikal di laut.

Uji terbang keempat pesawat ruang angkasa.

Mungkin yang paling menarik, di akhir video SpaceX memperlihatkan foto menara peluncuran besar Starship di Texas Selatan di fasilitas Starbase. Salah satu gambar yang paling menonjol adalah “sumpit”, yaitu dua lengan besar yang dirancang untuk menahan booster tahap pertama saat turun perlahan menuju landasan peluncuran.

Kemudian, dalam cuplikan simulasi, video tersebut menunjukkan tahap pertama roket Starship turun menuju menara peluncuran, diberi label “Penerbangan 5”. Kemudian videonya menghilang.

Mendarat atau tidak mendarat?

Hal ini mendukung gagasan bahwa SpaceX sedang berupaya menangkap roket pendorong Starship pada uji terbang berikutnya, yang kemungkinan akan berlangsung akhir musim panas ini. Tidak ada keraguan bahwa perusahaan masih memiliki pekerjaan teknis dan organisasi yang harus dilakukan sebelum dapat mencapai hal ini.

Beberapa hari setelah uji penerbangan keempat, pendiri SpaceX Elon Musk mengatakan tujuan perusahaannya adalah melakukan upaya pendaratan pada peluncuran berikutnya. Namun, selama percakapan minggu lalu dengan penduduk setempat di Texas Selatan, manajer umum Starbase mengatakan… kata Kathy Lueders Upaya ini mungkin tidak terjadi pada Penerbangan 5.

Namun, video baru yang dirilis pada hari Kamis menunjukkan bahwa upaya penangkapan masih mungkin dilakukan, bahkan mungkin sebuah kemungkinan. Pendaratan seperti itu akan menakjubkan secara visual, serta menimbulkan risiko yang diperhitungkan terhadap infrastruktur menara peluncuran SpaceX, karena roket pendorong kemungkinan akan mendarat dengan tambahan beberapa ton metana dan bahan bakar cair di dalam tangkinya.

Jika SpaceX memutuskan untuk melanjutkan upaya tersebut, mereka masih harus mendapatkan izin peluncuran dan pengembalian dari Administrasi Penerbangan Federal, yang bertugas memastikan keselamatan manusia dan properti di Bumi. Tampaknya uji terbang berikutnya baru akan dilakukan pada bulan Agustus.

Keseruan penerbangan nomor 5.
Perbesar / Keseruan penerbangan nomor 5.

Luar AngkasaX

Sementara itu, aktivitas di lokasi peluncuran Texas Selatan mungkin terhenti selama beberapa hari karena Badai Beryl memasuki Teluk Meksiko pada Jumat malam dan kemudian menuju pantai Texas awal pekan depan. Pusat Badai Beryl diperkirakan akan melewati dekat atau utara lokasi peluncuran pada Minggu malam atau Senin malam, membawa serta angin dan badai.

Namun, karena Beryl diperkirakan tidak akan menjadi badai besar dalam hal kecepatan angin, dampak ini seharusnya tidak menjadi bencana besar bagi fasilitas SpaceX. Hujan lebat dan banjir di daratan di wilayah Starbase bawah juga mungkin terjadi pada hari Senin dan Selasa sebelum badai mereda.

READ  Resensi buku: Akhir Eden oleh Adam Wells