Dulolong, Semarak.News | Dandim 1622/Alor Letkol Inf Supyan Munawar, S.Ag meresmikan satu unit taman baca yang dinamai Taman Baca Wirasakti berlokasi di Desa Dulolong kecamatan Alor Barat Laut (ABAL), Sabtu, (22/2/20). Taman Baca ini dibawah naungan Yayasan Sosial Pendidikan dan Dakwah Alhikmah Alor, yang pembangunan fisik dimotori Kodim 1622/Alor dan Pelindo Alor.

Dandim Alor dalam sambutannya menyatakan, pembangunan taman baca ini sebagai bentuk dukungan program pemerintah daerah yaitu mewujudkan Alor Pintar. “Kalau kita lihat index pembangunan manusia (IPM), ada tiga dimensi. Yaitu umur panjang dan sehat, pengetahuan dan yang ketiga adalah kehidupan yang layak. Dari ketiga dimensi itu, yang pertama umur panjang dan sehat. Indikatornya, ketika ibu-ibu hamil yang melahirkan bayinya harus sehat. Sebab ada juga ibu-ibu yang melahirkan bayinya prematur atau cacat,” urai Dandim Alor.

Ketua Persit Kodim 1622/Alor melakukan pengguntingan pita

Yang kedua, sebut mantan kopassus itu, indikator pengetahuan, adalah bagaimana kita bisa menghitung anak usia 15 tahun keatas itu bisa baca huruf. Jangan sampai mereka tidak bisa membaca di usia yang rata-rata masih sekolah baik SD, SMP maupun SMA. “Dan yang ketiga adalah kehidupan yang layak. Kehidupan yang layak itu adalah bagaimana bisa menghitung daya beli masyarakat terhadap kebutuhan pokok,” urainya.

Dandim Alor menyatakan, dari ketiga dimensi itu kewajiban kita ialah, bahwa untuk menciptakan umur yang panjang dan sehat itu memang tidak instan. Tetapi bagaimana kita mengelola hidup ini dengan baik dengan pola makan yang cukup diimbangi dengan istirahat yang cukup juga.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Pelindo Alor yang telah memberi support dalam pembangunan fisik Taman Baca Wirasakti. Kita ingin mendukung program pemerintah daerah yaitu mewujudkan Alor Pintar dan pembangunan taman baca ini merupakan bentuk dukungan terhadap program pemerintah daerah,” ungkap Dandim Alor.

Ia mengungkapkan, taman baca ini merupakan salah satu sarana untuk anak-anak dapat berkumpul untuk membaca. Menurutnya, banyak anak-anak sulit mendapatkan tempat untuk mereka membaca. Akibatnya, mereka habiskan waktu hanya untuk nonton, bermain handphone dan sebagainya. “Karena tidak ada tempat baca anak-anak sekarang lebih suka nonton TV dan bermain game. Anak-anak juga lebih suka nonton film membunuh di handphone,” ujarnya.

Kesempatan itu, Dandim Alor menghimbau kepada para orangtua agar memperhatikan anak-anak dalam menggunakan handphone yang baik dan benar. “Anak-anak tidak boleh nonton film membunuh di handphone yang bisa berakibat kebablasan dalam pergaulan. Jangan biarkan anak-anak pegang handphone sembarangan,” imbuhnya.

Sementara itu, Asisten I Setda Alor Fredik Lahal menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada Kodim 1622/Alor, Pelindo dan juga pihak yayasan yang telah mendukung program pemerintah daerah dengan membangun taman baca. Menurutnya, Ini merupakan kontribusi nyata dalam mendukung program pemerintah daerah.

“Kontribusi Kodim Alor dalam membangun taman baca ini merupakan yang kedua. Sebab tahun 2019 lalu, melalui program TMMD Kodim Alor juga telah membangun taman baca di Desa Pailelang Kecamatan Alor Barat Daya,” ujar Asisten I Fredik Lahal.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Alor Drs. Muhammad Marhaban menyerahkan bantuan buku

Ia berharap, tentunya taman baca yang sudah dibangun ini, harus dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat di desa ini. Sebab apalah artinya taman baca yang sudah dibangun tetapi tidak difungsikan dengan baik. “Memang seperti disampaikan ketua yayasan bahwa masih banyak yang harus dibenahi. Tetapi saya juga berharap bangunan yang sudah ada ini mari kita manfaatkan dengan baik,” kata Fredik Lahal.

Mantan Camat ABAL ini menghimbau, bahwa sudah saatnya anak-anak kita ada di taman baca ini untuk bisa membaca serta mengasah pikiran mereka. Sehingga, mereka betul-betul berkualitas untuk selanjutnya bisa melakukan hal-hal yang positif demi kepentingan Desa Dulolong juga untuk daerah yang kita cintai ini.

“Tadi saya tanya ketua yayasan, katanya buku didalam ada sekitar 100 buah. Tentunya ini menjadi tanggungjawab pemerintah daerah. Saya berdiri di sini sebagai Asisten I yang mempunyai tugas termasuk mengkoordinir sekitar 20 OPD termasuk pendidikan. Karena itu, ini merupakan tanggungjawab saya untuk mengkoordinasi ke Bupati Alor untuk bagaimana memperjuangkan kekurangan yang ada ini,” kata Fredik Lahal berjanji.

Pantauan wartawan, Dandim 1622/Alor Supyan Munawar meresmikan Taman Baca Wirasakti yang ditandai dengan penandatangan prasasti. Selanjutnya, pengguntingan pita oleh Ketua Persit Kodim/1622 Alor. Kesempatan ini juga dilakukan penyerahan bantuan buku oleh Kepala Kementerian Agama Alor Muhammad Marhaban.

Kegiatan peresmian dihadiri juga Kepala Pelindo Alor Danang Widiatmoko, Camat ABAL Debrina Lelang, Kepala Desa Dulolong Muhammad Palae, Ketua Yayasan Sosial Pendidikan dan Dakwah Alhikmah Rahman Jab dan sejumlah undangan lainnya. *(JK)

LEAVE A REPLY