Aksi Kamisan ke-508, 72 Tahun TNI Prajurit Sejati, Berani Ke Pengadilan HAM !

Aksi Kamisan ke-508 di Depan Istana Negara [Sumber: semarak.news/anggit]

Jakarta, Semarak.news – Aksi Kamisan ke 508 berlangsung Kamis 5/10 di Taman Pandang, depan Istana Negara. Aksi rutin tersebut kali ini mengangkat tema 72 Tahun TNI Prajurit Sejati, Berani Ke Pengadilan Ham. Dalam aksi kemarin, sejumlah aktivis hingga korban para penyintas 1965 turut datang, diantaranya Bedjo Untung (Ketua YPKP 65), Mariana (Komnas Perempuan), hingga Sumarsih dan Suciwati.

Spanduk dalam Aksi Kamisan ke-508, [Sumber: semarak.news/anggit]
“Persekusi atau main hakim sendiri saat ini semakin marak, aparat penegak hukum seolah membiarkan karena banyaknya titipan kepentingan politik”, ungkap Asta (salah satu orator). “Agenda advokasi dari kelompok aksi kamisan akan ditingkatkan mengingat penanganan kasus korupsi oleh pemerintah saat ini terjadi kemunduran yang sangat drastis. Betapa mudahnya tersangka korupsi saja dapat dibebaskan dengan berbagai alasan, sebut saja kasus bapak “SN”, tambah Asta.

Spanduk dalam Aksi Kamisan ke-508, [Sumber: semarak.news/anggit]
“Aksi ini dilakukan untuk menghargai para pegiat atau korban tragedi berbagai kasus pelanggaran HAM. Ayo seluruh elemen generasi muda jangan mau dibungkam, dibohongi, dicurangi oleh pemerintah Jokowi”, ucap Mariana (Aktivis Komnas Perempuan).

 Dalam aksinya, sejumlah spanduk yang dibawa bertuliskan :

  1. 10th Aksi Kamisan Jokowi Jangan Melempem
  2. Jokowi Jangan Takut (Tuntaskan Kasus Pelanggaran HAM)
  3. 72 Tahun TNI Prajurit Sejati Berani ke Pengadilan HAM
  4. Kemanusiaan Indonesia Gelap-Gulita
  5. Masih ada Janji Penuntasan Kasus HAM Berat, Tragedi 65, Tj. Priok, Talangsari, Semanggi, Wasior, Wamena, Pembubuhan Munir, Penyerangan Novel Baswedan.

Spanduk dalam Aksi Kamisan ke-508, [Sumber: semarak.news/anggit]
(ATU)

TINGGALKAN BALASAN