Commuter Trucker, Jaket Pintar Buatan Google

Jaket pintar kolaborasi Google-Levi's dibandrol seharga Rp 4,6 juta (Sumber: Berita Teknologi)

Jakarta, Semarak.news – Google kembali menunjukan inovasinya dengan meluncurkan jaket denim pintar Commuter Trucker untuk pria dan perempuan hasil kerjasamanya dengan Levi’s yang dibanderol dengan harga US$ 350 (sekitar Rp 4,6 juta).

Commuter Trucker memakai teknologi Google Project Jacquard, yang diresmikan pada ajang SXSW 2017 ini. Sebelumnya teknologi ini sempat diperkenalkan di Google I/O tahun lalu. Proyek itu ditujukan untuk menjadikan barang yang dipakai sehari-hari seperti pakaian mempunyai kemampuan interaktif.

Commuter Trucker Jacket dari Levi’s memakai Bluetooth untuk sinkronisasi dengan smartphone. Pemilik Commuter Trucker ini harus mengunduh aplikasi tertentu untuk menyambungkan panel dengan smartphone, sekaligus memanfaatkan berbagai fitur yang ada pada jaket. Misalnya untuk mengatur bahwa dua ketukan di panel sentuh berarti perintah untuk menyalakan aplikasi musik.

Sementara itu, panel sentuh Commuter Trucker hanya bisa dipakai menjalankan aplikasi tertentu di smartphone. Di antaranya adalah memulai atau menghentikan aplikasi musik, menjawab panggilan telepon, membaca pesan teks, serta menjalankan aplikasi Google Maps dan Calendar.

Google menyatakan mereka sedang berusaha melakukan pengemangan terhadap jaket pintar ini. Harapannya, mereka bisa memasang berbagai aplikasi dari pihak ketiga ke dalam platform jaket pintar ini sehingga pengguna dapat memperoleh fitur yang lebih kaya.

Jaket Commuter Trucker tidak bisa berfungsi dengan baik apabila dipasangkan dengan iPhone. Hanya smartphone Android saja yang dapat dengan lancar dihubungkan ke panel sentuh Commuter Trucker tersebut.

Sejatinya, jaket yang hampir memiliki fungsi sama dengan smart watch ini akan diperkenalkan oleh Google beberapa bulan lebih awal di tahun 2017. Namun, pihak Google memutuskan untuk menunda peluncuran Commuter Trucker. Mereka pun akhirnya bersiap untuk memamerkan kemampuan jaket pintar ini pada ajang SXSW 2017. Sementara itu, untuk penjualan secara resminya sendiri masih harus menunggu pada musim gugur tahun ini yang jatuh sekitar bulan Agustus. (HND)

TINGGALKAN BALASAN