Tim WFQR 4 Tangkap 37 TKI Ilegal Yang Akan Bekerja di Malaysia

Barang Bukti 4 Kapal Pancung [foto: RDN/ Semarak News]

Batam, Semarak.News – Tim WFQR 4 Lantamal IV Tanjungpinang menggagalkan penyelundupan manusia yang akan dikirim ke Malaysia di Pelabuhan Pantai Setres, Jodoh, Selasa (6/12). Penangkapan dilakukan sekitar pukul 23.35. Para calon pekerja tersebut dikirim ke Malaysia yang rencananya akan bekerja di kapal sebagai tank clearence.

“Penangkapan dilakukan pada saat mereka ingin pergi ke Malaysia”, ujar Danlantamal IV, Laksamana Pertama S. Irawan. Penangkapan tersebut hasil dari pengintaian pelaku yang mencurigakan.

Dalam penangkapan tersebut, 2 orang lagi berhasil lolos dengan menggunakan kapal pancung ke arah Malaysia. Total kapal yang digunakan untuk mengirim para pelaku tersebut berjumla 5 kapal dengan mesin 75 pk dengan masing-masing kapal bermuatan sekitar 10 orang.

Rencananya para pelaku tersebut akan dijemput oleh kapal berbendera Malaysia dan Singapura. “Mereka nanti di perbatasan akan dijemput kapal asal Malaysia dan Singapura. Kita sudah koordinasikan dengan pihak keamanan Malaysia dan Singapura untuk membongkar sindikat internasional”, tegas Danlantamal IV Tanjungpinang.

Dari kasus tersebut sudah ditetapkan 5 tersangka dan nantinya Lantamal IV akan berkoordinasi dengan Polda Kepri untuk pengembangan kasus ini. Selain itu, pengamanan akan diperketat yang nantinya juga melibatkan Imigrasi dan Kepolisian. (RDN)

TINGGALKAN BALASAN