Perkembangan Terkini Demonstrasi 4 November 2016

Demo Ahok terkait dugaan penistaan agama [ Foto : orbitindo ]

Jakarta, Semarak.news – Setelah melewati waktu shalat Maghrib bagi umat Muslim, sebagian massa yang berdemo pada hari ini Jumat (4/11/2016) mulai membubarkan diri untuk melaksanakan ibadah di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Sementara itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla menerima perwakilan demonstran yang dating untuk melakukan negosiasi terkait permasalahan isu penistaan agama oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama atau Ahok. Pertemuan digelar tertutup dan hanya ada tiga orang perwakilan demonstran yaitu Ustadz Bachtiar Nashir, Ustadz Misbah, dan Ustadz Zaitun.

Perwakilan demonstran tersebut didampingi oleh Menko Polhukam Wiranto dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Selain itu, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian ikut hadir dalam pertemuan tersebut. Ada juga Menteri Sekertaris Negara Pratikno, Seskab Pramono Anung, dan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki. Hadir pula anggota DPR Asrul Sani dan Abu Bakar Alhabsy serta anggota DPD Farouk Muhammad sebagai perwakilan parlemen.

Pertemuan yang berlangsung sekitar 30 menit tersebut tidak dihadiri oleh Presiden Joko Widodo yang sedang dalam proses pemantauan proyek kereta cepat di Bandara Soekarno-Hatta. Setelah pertemuan tersebut, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengungkapkan bahwa kasus Ahok harus diselesaikan dalam dua minggu. Selain itu Polri juga berjanji akan mempercepat penanganan laporan dugaan penistaan agama tersebut.

Sedangkan informasi terakhir bahwa massa dengan atribut HMI masih berada di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Polisi membentuk pagar betis menutup akses massa HMI menuju Jalan Merdeka Barat untuk menghalangi massa HMI. Secara mengejutkan, massa FPI membentuk barisan di depan polisi bertameng seolah-olah melindungi barisan polisi tersebut. (WRD)

TINGGALKAN BALASAN