KPPU Akan Libas Pemain Kartel

Forum Jurnalis "Bebas Kartel, Indonesia Makmur" Oleh Kadin Batam dan KPPU

Batam, Semarak.News – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) akan melibas semua pemain kartel yang dapat mempengaruhi harga pasar di Indonesia. Dalam forum jurnalis yang diadakan di Hotel Sahid Batam Centre kemarin dengan tema “Bebas Kartel, Indonesia Makmur”. Acara tersebut bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri Kota Batam. Dalam acara tersebut tampak hadir, Ketua Kadin, Jadi Rajaguguk, Ketua KPPU Pusat, Syarkawi Rauf, Ketua KPPU Kota Batam, Lukman Sungkar, dan Komisioner dari KPPU Pusat, Narwi Messi, dan sejumlah wartawan.

Acara tersebut membahas tentang adanya pelaku-pelaku kartel dan pengusulan tentang perubahan untuk penguatan peran KPPU. “Selama ini, peran yang diberikan oleh KPPU masih lemah”, ujar Ketua KPPU Pusat, Syarkawi Rauf. KPPU hanya diberi kewenangan dalam tahap pengawasan dan penyelidikan. Bahkan, KPPU merasa kesulitan ketika ada pelaku kartel yang bermain di Luar Negeri. “Pemerintah dan KPPU tidak mempunyai instrumen yang kuat untuk menangani permasalah kartel yang bermain di Luar Negeri, sedangkan imbasnya ke Indonesia”, ujar Komisioner KPPU Pusat, Narwi Messi.

Ketua KPD KPPU Kota Batam, Lukman Sungkar menegaskan bahwa saat ini ada 15 isu permasalahan kartel yang ada di wilayah Kepulauan Riau. “Untuk wilayah Kepri sendiri ada 15 isu kasus kartel, dan yang dalam tahap penyelidikan ada 6 kasus yang melibatkan perusahaan lintas negara Batam-Singapura”, ungkap Lukman.

DPR RI telah meminta kepada KPPU untuk pengusulan apa saja hal-hal yang harus dibenahi pada sistem dan peran KPPU. Peran KPPU yang sebatas hanya pengawasan saja tidak mampu untuk memberantas kartel dan permasalahan perekonomian di Indonesia. KPPU juga telah meminta kepada pemerintah agar KPPU menjadi lembaga Aparatur Sipil Negara, agar keberadaannya lebih diakui.

Kadin Batam juga akan bekerja sama dengan KPPU untuk meningkatkan perekonomian khususnya Batam sebagai kota Industri. “Kadin mendukung dan bekerja sama dengan KPPU untuk meningkatkan sektor-sektor perkekonomian khususnya di Kota Batam”, pungkas Ketua Kadin Batam. (RDN)

TINGGALKAN BALASAN