Menteri Ketenagakerjaan dan Menpan-RB Kunjungi BLK BP Batam

Menteri Ketenagakerjaan RI tiba di Balai Latihan Kerja BP Batam [foto: Ronny/Semarak.News]

Batam, Semarak.News – Pukul 09.37, Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Muhammad Hanif Dhakiri didampingi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur tiba di BLK (Balai Latihan Kerja) BP Batam yang terletak di Jalan Brigjen Katamso, Kecamatan Sagulung. Setibanya di BLK, rombongan dari Kementerian Ketenagakerjaan ini disambut langsung oleh Walikota Batam yang didampingi Kapolda Kepri, Kapolresta Barelang, perwakilan BP Batam, dan Kadiv Keimigrasian Kepri.

Kunjungan Menteri Ketenagakerjaan ini dalam rangka peninjauan tempat yang akan dijadikan pelatihan bagi para calon pekerja maupun pekerja untuk meningkatkan skill dan kemampuan sesuai dengan kualifikasi. “Saya sama Pak Menpan ada diskusi di Jakarta mengenai bagaimana kita ini bisa memberdayakan calon-calon tenaga kerja untuk mendapatkan akses yang lebih baik terkait pelatihan kerja”, ujar Menteri kelahiran Semarang ini kepada wartawan.

Menpan-RB dan Menaker Mengecek Kondisi Asrama di BLK BP Batam [foto: Ronny/Semarak.News]
Menpan-RB dan Menaker Mengecek Kondisi Asrama di BLK BP Batam [foto: Ronny/Semarak.News]

BLK milik BP Batam ini, nantinya akan diambil alih oleh pemerintah pusat. “Untuk proses peralihan masih dalam proses sesuai dengan mekanisme termasuk pengelolaan dan aset”, tambahnya. BLK milik BP Batam ini sudah 3 tahun tidak terawat. Hal ini bisa dilihat dari kondisi bangunan yang sudah tidak layak pakai. Masyarakat berharap BLK yang ada di Sagulung ini dapat beroperasi dengan baik agar masyarakat juga bisa mendapatkan pelatihan kerja.

BLK seluas 1,5 hektar ini mempunyai asrama dengan total kamar 64 kamar. 1 kamarnya bisa memuat 2 hingga 4 orang. Rencananya Batam juga akan mempunyai Balai Latihan Kerja dipinggir laut, agar akses pengiriman tenaga kerja ke luar negeri lebih efektif dengan sistem pagi pergi sore pulang ke Indonesia sehingga dapat meningkatkan ekonomi khususnya di Batam. (RDN)

TINGGALKAN BALASAN