Pungli Dimana-mana

(ummi online :: majalah wanita islami)

Jakarta,semarak.news-Pungli merupakan penyakit masyarakat yang sudah ada sejak lama, tidak bisa dipungkiri pungli sudah mendarah daging di Indonesia, dari kalangan bawah sampai kalangan atas, dari anak-anak sampai orang tua, di desa-desa yang memiliki objek pariwisata yang cukup terkenal biasnya terdapat banyak pungli, pertama di pintu masuk utama, kemudian dipertengahan jalan, lalu di tempat parkir, bahkan ketika mau keluarpun masih ada saja. Di daerah tujuan wisata hal ini sudah dianggap biasa oleh masyarakat Indonesia, dari anak kecil, orang tua, pemuda, pemudi, ibuk rumah tangga, ada yang terlibat akan hal tersebut, jadi dapat disimpulkan bahwa pungli meruapakan penyakit masyarakat yang sudah mendarah daging , dan akan sulit untuk ditertibkan.

Baru baru ini terungkap kasus pungli yang melibatkan Kemenhub, Menhub Budi Karya membenarkan operasi tangkap tangan yang dilakukan Polda Metro Jaya di kantornya. Budi mengaku tangkap tangan tersebut berkaitan dengan pungutan liar yang sudah dicurigai sebelumnya.

Terkadang tidak bisa dipungkiri, pungli bukan hanya terjadi karena adanya oknum pemerintah yang ingin memperkaya diri, melainkan karena adanya masyarakat yang tidak menaati birokrasi, sehingga mencari jalan pintas untuk mempermudah birokrasi tersebut, Misalnya berkaitan dengan percepatan pelayanan SIM, STNK, BPKB, SKCK dan lain lain.

Selasa(11/10/2016) di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Seskab Pramono Anung menyampaikan “Yang pertama secara prinsip presiden, wakil presiden menyetujui tentang OPP yang akan segera diadakan. OPP ini adalah operasi pemberantasan pungli.

OPP, Operasi Pemberantasan Pungli, akankah menjadi solusi?

J.Az

TINGGALKAN BALASAN