JICA: Ikut Wujudkan Palembang Emas melalui Program TPS 3R

[Sumber: Daus Photo] Suasana Rapat Finalisasi Program 3R

Palembang, Semarak.News- Japan International Cooperation Agency (JICA) dipercaya oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk membantu Pemerintahan Kota Palembang dalam wujudkan Palembang Emas melalui pelaksanaan program 3R di wilayah Talang Kelapa, Kec. Alang- Alang Lebar.

Dalam Rapat Finalisasi P(3)S/ Project Percontohan Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle(3R), Ditjen Kementerian KLHK, R. Sudirman mengatakan, “Kota-kota besar di Indonesia yang menjalankan program 3R berhasil mengelola sampahnya dengan baik, jadi Kota Palembang harus sukses juga dalam melaksanakan program ini agar masyarakat sadar dan ikut menjaga kebersihan Kota Palembang untuk mewujudkan Palembang Emas.” Ungkapnya. (28/9)

Sekitar 16 RT di Talang Kelapa akan menjadi file project JICA untuk menjalankan program peduli sampah tersebut. Kegiatan ini akan menjadi percobaan serta contoh secara lingkup Nasional sehingga apabila program TPS 3R berhasil menyulap 16 RT di Perumnas Talang Kelapa menjadi wilayah yang warganya sadar kebersihan dan menjadi tempat nyaman tanpa sampah maka Kota atau Daerah lain akan ikut menjalani program tersebut.

Sementara Kepala BLH Kota Palembang, M. Tabrani, menghimbau kepada pihak yang terkait pelaksanaan program 3R antara lain Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) dan pihak perumnas harus saling bekerjasama dalam menjaga akses jalan menuju TPS 3R yang sedang dalam masa perbaikan. “ KSM harus mengawasi perbaikan jalan tersebut, juga kepada pihak perumnas Talang ikut menjaga akses jalan menuju TPS 3R agar tidak dilalui oleh truk atau mobil besar terlebih dahulu, sebelum perbaikan akses selesai dan boleh dipergunakan.” Himbaunya.

JICA yang menjadi pembina langsung dalam program ini ikut memberikan himbauan kepada warga Palembang khususnya wilayah file project untuk bersama mendukung suksesnya program 3R. Perwakilan JICA, Seiji Takashima mengatakan,” Beberapa kendala pasti akan muncul, kesadaran warga, fasilitas TPS 3R, munculnya oknum, dan lainnya. Maka dari itu, JICA akan berupaya secara maksimal dalam memberikan pembinaan secara bertahap kepada KSM dan masyarakat lainnya supaya program 3R dapat berjalan dengan baik dan sukses.” Ujar pria asli Jepang tersebut. (FIR)

TINGGALKAN BALASAN