Efek Samping Penggunaan Pomade Bagi Kesehatan

Pomade menjadi favorite bagi laki-laki modern untuk rambut klimis [Sumber: www.elevania.co.id]

Jakarta, Semarak.news – Pomade merupakan produk styling yang digunakan para pria untuk mendapatkan rambut yang klimis dan mengkilap. Pomade berbahan dasar minyak kelapa, lanolin, wax dan parfum atau fragrance. Produk hair dressing ini membuat rambut kaku, tanpa membuat jadi keras dan gampang untuk ditata lagi. Sehingga tidak diragukan lagi kalau pomade merupakan salah satu minyak rambut yang popularitasnya melejit. Khususnya di kalangan anak muda.

Tidak dapat dipungkiri bahwa pomade sangat menggiurkan bagi kalangan anak muda. Manfaatnya yang dapat membuat rambut klimis, tampak rapi dan basah alami. Pomade juga dapat mempermudah membuat gaya rambut (Styling Rambut) sesuai dengan keinginan kita sendiri. Selain itu pomade juga dapat mempertahankan tatanan rambut hingga seharian. Bahkan apabila tidak dibilas pomade dapat bertahan hingga tiga hari.

Namun pomade memiliki banyak kekurangan dalam penggunaannya. Apalagi pemakaiannya secara rutin dan berlebihan, dapat menyebabkan efek samping dan kerugian bagi penggunanya. Beberapa efek samping yang ditimbulkan penggunaan pomade diantaranya sebagai berikut.

  1. Pomade dapat menimbulakan jerawat

Pemakaian pomade dapat menimbulkan jerawat bagi para penggunanya. Hal ini dikarenakan ketidakcocokan  kulit pengguna dengan pomade yang berbahan minyak (oil) dan petrolatum. Jerawat pomade muncul pada kulit kepala, dahi, permukaan wajah, dan daerah kulit yang paling sering bersentuhan dengan produk pomade rambut tersebut. Hal ini disebabkan karena beberapa jenis pomade mengandung minyak atau mineral. Minyak yang melapisi dan bisa menghalangi pori-pori ketika kita berkeringat.

  1. Menyebabkan kepala pusing

Hal ini dikarenakan kuatnya tekanan yang diberikan pomade. Terlebih ketika menggunakan pomade jenis hold akan terasa pusing bila memakai secara berlebihan. Selain itu kemungkinan yang membuat pusing ketika memakainya dikarenakan baunya

  1. Munculnya Ketombe

Ketombe muncul disebabkan karena pemakain pomade yang tidak tepat. Munculnya ketombe ini karena saat pemakaian pomade terkena ke kulit kepala. Sehingga dapat menghalangi pori-pori. Selain itu pemakaian yang kurang rata dan rambut/tangan yang basah waktu memakai pomade juga bisa menyebabkan ketombe.

  1. Membuat Rambut Rontok

Rambut rontok ini dikarenakan  alergi dari setiap pemakainya terhadap bahan-bahan tertentu dari pembuatan pomade.

  1. Warna rambut tidak natural

Ketika kita menggunakan pomade memang rambut terlihat basah dan alami. Namun ketika sudah tidak menggunakan pomade rambut akan terlihat kemerahan seperti rambut kering.

 

Penggunaan pomade memang dapat meningkatkan estetika rambut. Dan meningkatkan rasa percaya diri penggunanya. Namun efek samping yang didapatkan dari penggunaan pomade juga tidak boleh dikesampingkan. Karena dapat merusak kesehatan kita. Untuk mengurangi efek samping tersebut mungkin kita bisa berhenti menggunakan pomade atau mengurangi penggunaanya secara terus-menerus. Digunakan hanya untuk acara-acara khusus atau penampilan yang memang menuntut kerapian. (TH)

TINGGALKAN BALASAN