November 27, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

2 tewas, puluhan terluka dalam gempa kuat di Filipina utara

2 tewas, puluhan terluka dalam gempa kuat di Filipina utara

MANILA, Filipina (AFP) – Gempa kuat menyebabkan sedikitnya dua orang tewas dan belasan lainnya cedera di Filipina utara pada Rabu, saat gempa tersebut memicu tanah longsor kecil, merusak bangunan dan gereja serta membuat kerumunan panik dan pasien rumah sakit di ibu kota bergegas. . di udara segar.

Renato Solidum, kepala Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina, mengatakan gempa berkekuatan 7,0 skala Richter itu berpusat di provinsi Abra yang dilanda gempa di daerah pegunungan.

“Lantai berguncang seolah-olah saya berada di tempat tidur gantung dan tiba-tiba lampu padam. Kami bergegas keluar dari kantor, saya mendengar teriakan dan beberapa teman saya meneteskan air mata,” kata Michael Bryants, petugas keamanan di Abra City di Lagangelang , dekat pusat gempa.

“Itu adalah gempa bumi terkuat yang pernah saya rasakan, dan saya pikir tanah akan terbuka,” kata Bryants kepada Associated Press melalui ponsel.

Para pejabat mengatakan seorang penduduk desa tewas ketika lempengan semen jatuh di rumahnya di Abra, melukai sedikitnya 25 orang lainnya, yang sebagian besar dirawat di rumah sakit.

Seorang pekerja konstruksi terkena puing-puing dan meninggal di kota pegunungan La Trinidad yang tumbuh stroberi di Benguet County, di mana beberapa jalan ditutup karena tanah longsor dan batu. Lima orang terluka ketika batu dan puing bertabrakan dengan SUV dan truk mereka di jalan lereng bukit di Mountain County dekat Benguet, kata para pejabat.

Beberapa rumah dan bangunan retak di dinding, termasuk beberapa yang runtuh di Abra, tempat presiden baru Ferdinand Marcos Jr.yang menjabat kurang dari sebulan lalu, berencana melakukan perjalanan untuk menemui para korban dan pejabat setempat.

Palang Merah merilis foto sebuah bangunan kecil berlantai tiga yang condong ke arah jalan yang tertutup puing-puing di Abra. Sebuah video yang diambil oleh seorang saksi yang ketakutan menunjukkan bagian dari menara batu gereja tua yang terkelupas, kemudian jatuh ke awan debu di atas bukit.

READ  Banjir Sydney membebani 50.000 orang di sekitar kota terbesar di Australia

Pasien, beberapa di kursi roda, dan staf medis dievakuasi dari setidaknya dua rumah sakit di Manila, sekitar 300 kilometer (200 mil) selatan Lagangilang, tetapi kemudian diminta untuk kembali setelah insinyur menemukan beberapa retakan kecil di dinding.

Kekuatan gempa berkurang dari 7,3 derajat awal setelah analisis lebih lanjut. Lembaga itu mengatakan gempa itu disebabkan oleh pergerakan patahan lokal pada kedalaman 25 km, menambahkan bahwa diperkirakan akan terjadi kerusakan dan lebih banyak gempa susulan.

Survei Geologi AS mengukur kekuatan gempa pada 7,0 dan kedalaman 10 kilometer (6 mil). Gempa dangkal cenderung menyebabkan lebih banyak kerusakan.

Filipina terletak di sepanjang “Cincin Api” Pasifik, busur patahan di sekitar Samudra Pasifik tempat sebagian besar gempa bumi dunia terjadi. Itu juga dilanda sekitar 20 badai dan badai tropis setiap tahun, menjadikannya salah satu negara paling rawan bencana di dunia.

Gempa bumi berkekuatan 7,7 pada skala Richter menewaskan hampir 2.000 orang di Filipina utara pada tahun 1990.

___

Reporter Associated Press Joel Calopitan dan Aaron Favela berkontribusi pada laporan ini.