Juni 15, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Zelensky memecat duta besar Ukraina untuk Inggris setelah kritik

Zelensky memecat duta besar Ukraina untuk Inggris setelah kritik

KIEV (Reuters) – Presiden Volodymyr Zelensky memecat duta besar Ukraina untuk Inggris pada Jumat, beberapa hari setelah utusannya secara terbuka mengkritik Vadym Prystaiko.

Perintah presiden, yang mengatakan Prystaiko telah dicopot dari jabatan perwakilan Ukraina untuk Organisasi Maritim Internasional, tidak memberikan alasan pemecatan.

Dalam sebuah wawancara dengan Sky News minggu lalu, Pristiko ditanyai tentang pernyataan Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace yang akan keluar, di mana dia menyarankan agar Kiev menunjukkan lebih banyak rasa terima kasih karena telah menyerahkan senjata dari sekutunya untuk melawan pasukan pendudukan Rusia.

Zelensky menjawab dengan mengatakan bahwa Ukraina selalu berterima kasih kepada Inggris, sekutu setianya. Dia juga dikutip oleh media Inggris yang mengatakan bahwa Wallace dapat memberitahunya bagaimana mengungkapkan rasa terima kasihnya atau bagaimana “kita bisa bangun di pagi hari dan mengungkapkan rasa terima kasih kita kepada menteri”.

Ditanya apakah Zelensky sedang menyindir, Prystaiko mengatakan kepada Sky “ada sedikit ironi” ketika presiden mengatakan “dia akan bangun setiap pagi dan menelepon Ben Wallace untuk berterima kasih padanya”.

“Menurut saya sinisme ini tidak sehat,” katanya, seraya menambahkan bahwa Rusia “harus tahu bahwa kita bekerja sama.”

Perintah Zelensky tidak menyebutkan siapa yang akan menggantikan Prystaiko, 53, seorang diplomat berpengalaman dan mantan wakil perdana menteri yang menjabat sebagai duta besar untuk Inggris selama tiga tahun.

(Laporan oleh Anna Proshnica dan Ruang Berita Kiev; Diedit oleh Timothy Heritage)

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.