Januari 27, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Ukraina mengatakan akan berhenti mengangkut beberapa gas Rusia

Ukraina mengatakan akan berhenti mengangkut beberapa gas Rusia

Operator jaringan gas alam Ukraina mengatakan pada hari Selasa bahwa pihaknya akan menghentikan pengangkutan gas Rusia melalui titik masuk perbatasan timur yang disebut Sukhranivka, meningkatkan kekhawatiran akan memutus aliran ke Eropa.

Operator sistem transportasi gas Ukraina mengatakan, mulai Rabu, bahwa mereka akan berhenti menerima gas Rusia di titik masuk karena Rusia mengganggu operasi teknis di fasilitas gas dan membahayakan “stabilitas dan integritas seluruh sistem transportasi gas Ukraina.”

Pasukan Rusia menduduki wilayah di Ukraina timur yang dilalui pipa tersebut.

Perusahaan itu mengatakan penutupan itu dapat menutup sekitar sepertiga gas yang transit dari Rusia melalui Ukraina. Perusahaan juga mengatakan ada kemungkinan untuk mengalihkan gas ke titik transit lain.

Prospek pemutusan aliran gas alam utama telah mengguncang pasar, yang sudah gelisah karena perang dan keputusan Rusia baru-baru ini untuk memutuskan aliran gas ke Polandia dan Bulgaria.

Harga gas alam naik di bursa TTF Belanda pada Selasa sore tetapi kembali datar, naik 3,4% hari ini, menjadi €97 per megawatt-jam.

Sejauh ini, aliran gas Rusia melalui Ukraina tetap sangat stabil meskipun ada perang. Namun pejabat Ukraina telah berulang kali mengeluh tentang tindakan Rusia dan telah memperingatkan bahwa mereka berisiko menutup transportasi gas.

Dalam wawancara baru-baru ini, Yury Vitrenko, CEO Naftogaz, perusahaan energi nasional Ukraina yang memiliki kontrak transit dengan Gazprom, pemasok gas alam Rusia, mengatakan pasukan pendudukan Rusia biasa memasuki fasilitas gas dan mencoba mengganggu mereka. sistem operasi mereka.

“Mereka ingin mengendalikan segalanya,” katanya.

READ  PEMBARUAN LANGSUNG: Kerumunan meningkat untuk Halloween di Seoul