Juni 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Trio kosmik – Bulan, Venus, dan Mars – pada titik balik matahari Juni 2023

Trio kosmik – Bulan, Venus, dan Mars – pada titik balik matahari Juni 2023

Langit titik balik matahari menampilkan bulan dan dua planet

Titik balik matahari Juni tiba pada pukul 14:58 UTC (09:58 UTC) hari ini, 21 Juni 2023. Titik balik matahari Juni menandai hari pertama musim panas di Belahan Bumi Utara dan hari pertama musim dingin di Belahan Bumi Selatan. Saat Anda menunggu selama salah satu hari terpanjang dalam setahun di utara hingga langit menjadi gelap, pertama-tama Anda akan melihat bulan sabit, diikuti oleh cahaya terang Venus. Setelah langit menjadi sedikit lebih gelap, Anda akhirnya akan melihat anggota terakhir dari trio kosmik ini, Mars kemerahan.

Anda mungkin juga mengenali beberapa bintang terang di dekatnya. Pertama, lihat ke cakrawala barat laut untuk menemukan Pollux dan Castor di si Kembar Gemini sebelum mereka berpaling. Kemudian, di arah yang berlawanan (atas dan ke tenggara), Anda bisa melihat Regulus di Leo si Singa.

Bagan bintang untuk titik balik matahari bulan Juni

Titik balik matahari Juni 2023 akan melihat bulan sabit bercahaya di sebelah Venus yang cerah dan Mars yang lebih gelap di dekatnya. Di atas mereka akan ada Regulus bintang terang di Leo si Singa. Dan di bawah mereka akan ada bintang kembar, Castor dan Pollux, di konstelasi Gemini. Kami harap Anda memiliki langit yang cerah sehingga Anda dapat menikmati langit titik balik matahari. Grafik oleh John Jardine Goss / EarthSky.

Grafik kami sebagian besar ditetapkan untuk Belahan Bumi Utara. Untuk melihat tampilan lokasi Anda yang akurat, cobalah Stellarium online. Jika Anda berada di Belahan Bumi Selatan pada titik balik matahari bulan Juni, barisan ini akan miring ke arah yang berlawanan, dari kiri bawah ke kanan atas. Anda masih bisa mencari Depression Castor dan Pollux di dekat ufuk barat laut, diikuti oleh Bulan, Venus, Mars, dan terakhir Regulus.

Jika Anda mendapatkan gambar yang bagus dari langit titik balik matahari ini, kirimkan kepada kami! Kirimkan foto Anda ke galeri foto komunitas EarthSky.

Intinya: Pada titik balik matahari bulan Juni, lihat ke barat untuk melihat bulan sabit di dekat Venus yang cerah dan Mars yang kusam dan kemerahan. Trio kosmik ini sangat menyenangkan di langit titik balik matahari.

READ  Penelitian DNA baru mengubah asal usul spesies manusia

Untuk lebih banyak video tentang peristiwa langit malam yang menakjubkan, kunjungi Halaman YouTube EarthSky.