Tingkatkan Minat Baca dan Tumbuhkan Gairah Penerbit, IKAPI Gelar Pesta Buku 2018

Bandung, Semarak News – Pesta Buku di gelar di Landmark, Braga, Kota Kembang, Kamis (01/03/2018) sampai Rabu (07/03/2018). Pesta ini bertujuan guna meningkatkan minat baca dan menaikkan gairah perusahaan penerbitan.

“Acara pesta buku ini memang ditargetkan untuk kalangan pelajar,” kata Mahpudi Ketua Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Jawa Barat.

Tambahnya, mereka yang berusia pendidikan dasar diharapkan dating kesini, main kesini untuk melihat-lihat atau membaca-baca buku yang ada di sini. Sebab kalau dari kecil sudah dekat dengan buku maka kalau sudah jadi besar tidak akan jauh dari buku juga dan tetap aktif baca buku.

“Di samping itu, tujuan pameran ini dimaksudkan untuk  membiasakan diri anak-anak usia SD, SMP, dan SMA terbiasa membaca buku,” ujar Ketua Ikapai kepada Semarak.

Selain dapat mendekatkan para pelajar dengan buku, pameran ini juga menjadi wadah bagi penerbit untuk meningkatkan penjualannya.

Mahpudi menjelaskan, kalau anak-anak dari kecil enggak dekat buku, kami sulit meyakinkan ketika dia sudah dewasa. Makannya kami undang SD, SMP, hingga SMA seluruh Jawa Barat, untuk hadir.

Dalam Pesta Buku 2018, sekitar 90 stan dari berbagai penerbit dan toko buku memamerkan bukunya.

Beragam buku mulai dari fiksi, pengetahuan umum, religi, hingga buku pelajaran, tersedia di Pesta Buku 2018.

“Ini adalah salah satu cara kami untuk mendekati pembeli. Semakin sering menggelar pameran, maka akan semakin aktif penerbit berjualan,” ujarnya.

Mahpudi mengatakan konsumsi cetak saat ini mengalami penurunan, sehingga pameran bisa menjadi tempat efektif bagi penerbit mendekati pembaca dan menjadi tempat yang efektif juga untuk meningkatkan minat pembaca. (Zul)

 

TINGGALKAN BALASAN