Mei 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Tiga eksekutif puncak Tesla mengundurkan diri dalam waktu dua minggu

Tiga eksekutif puncak Tesla mengundurkan diri dalam waktu dua minggu

Wakil Presiden Hubungan Investor Tesla, Martin Vicha, mengumumkan pada hari Selasa bahwa ia meninggalkan perusahaan mobil listrik setelah tujuh tahun. Keluarnya dia menandai kepergian ketiga eksekutif puncak dari produsen mobil yang ditantang dalam waktu kurang dari dua minggu.

Vicha menggantikan Wakil Presiden Tesla Drew Baglino, yang mengundurkan diri dari perusahaan tersebut pekan lalu. Baglino adalah satu dari empat eksekutif Tesla dan memimpin rekayasa dan pengembangan teknologi baterai mobil. Baglino bekerja di perusahaan tersebut selama 18 tahun dan dikenal baik oleh investor dan analis. Selain itu, Rohan Patel, wakil presiden kebijakan publik dan pengembangan bisnis perusahaan, Dia mengatakan akan berpisah dengan Tesla.

Viecha menyampaikan komentarnya di akhir laporan pendapatan kuartal pertama yang dianggap oleh banyak orang sebagai persimpangan jalan penting bagi perusahaan setelah kuartal terburuknya dalam empat tahun. Panggilan tersebut menampilkan kehadiran yang lebih tajam dari CEO Elon Musk, yang harus meyakinkan investor tentang masa depan Tesla. Banyak dari investor tersebut akan bekerja sama dengan Fisha, yang mengonfirmasi kepergiannya dari jabatannya X Dan LinkedIn.

“Sekitar sebulan yang lalu, saya berbicara dengan Elon W [chief financial officer] Vaibhav [Taneja]“Saya mengumumkan bahwa saya pensiun dari dunia hubungan investor dan bergerak maju,” kata Vicha dalam postingannya. “Bekerja untuk Tesla selama hampir tujuh tahun terakhir merupakan hak istimewa terbesar dalam karier saya.”

Vicha mengatakan dia pergi “untuk beristirahat dan menghabiskan banyak waktu bersama keluarga saya.”

Meskipun pengumuman pendapatan Tesla memberikan semangat kepada investor dan membuat saham yang lesu naik lebih dari 12% dalam perdagangan setelah jam kerja, keluarnya saham tersebut membuat khawatir beberapa investor Tesla yang mengkritik Musk. Terutama karena Viecha memiliki hubungan yang kuat dengan investor Tesla, termasuk mereka yang bingung dengan beberapa perilaku Musk.

READ  Elon Musk setuju dengan tweet yang mengatakan "Permainan itu palsu" jika dia tidak bisa membeli Twitter

berbicara di CNBCTesla membutuhkan “orang dewasa di dalam ruangan” dan Musk memenuhi kebutuhan tersebut hari ini, kata Dan Ives, analis teknologi di Wedbush. Namun, Ross Gerber memperingatkan bahwa Ives dan pihak lain tidak boleh menilai kinerja Musk secara berlebihan selama pembicaraan dengan sinyal lain dari perusahaan, termasuk keluarnya eksekutif.

“Dan, Anda mengakhiri pembicaraan dengan pengunduran diri Martin,” kata Gerber, CEO Gerber Kawasaki Wealth and Investment Management. “Anda dan saya telah lama bekerja dengan Martin dan dia adalah perekat antara manajemen, pemegang saham, dan investor.”

Menurut Gerber, eksekutif lain yang meninggalkan perusahaan, terutama pada periode sensitif dalam sejarah perusahaan, dapat menunjukkan suatu pola. “Musk terus kehilangan eksekutif senior berpengalaman selama transisi yang sangat penting ini, dan menurut saya hal itu meresahkan,” kata Gerber.

Dia mengindikasikan bahwa dia setuju dengan visi yang digariskan oleh Musk, namun dia berharap untuk melihat kesesuaian yang lebih kuat antara pembicaraan Musk tentang visinya dan kenyataan di perusahaan pembuat mobil tersebut.

“Yang penting dalam ruangan ini adalah tidak ada permintaan terhadap kendaraan tersebut, meskipun terbang,” kata Gerber.

Berlangganan buletin Eye on AI untuk terus mendapat informasi tentang bagaimana AI membentuk masa depan bisnis. Daftar gratis.