September 27, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Tianwen-1: Penyelidikan Mars China memotret seluruh Planet Merah

Tianwen-1: Penyelidikan Mars China memotret seluruh Planet Merah

Tianwen-1, yang berarti “Pencarian Kebenaran Surgawi,” diluncurkan pada tahun 2020 dan mendarat di Mars Mei lalu, ketika penjelajah Zhurong di atas kapal memulai misinya untuk berpatroli dan menjelajahi planet sementara pengorbit mengorbit di atas kepala.

Badan Antariksa Nasional China (CNSA) mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa penyelidikan sekarang telah menyelesaikan semua tugas yang ditugaskan padanya, termasuk menangkap gambar resolusi menengah yang mencakup seluruh planet.

Gambar-gambar, yang diterbitkan oleh badan antariksa di media sosial, menunjukkan medan kasar lanskap Mars: bukit pasir merah berdebu, gunung berapi perisai, kawah tumbukan, lapisan es Antartika, tebing dan bukit di Valles Marineris – salah satu lembah. Ngarai terbesar di tata surya kita.

Gambar-gambar itu diambil oleh wahana itu, yang mengorbit Mars 1.344 kali, dan mengambil gambar planet itu dari setiap sudut, saat penjelajah itu menjelajahi permukaan, kata badan antariksa AS.

Pesawat beroda enam itu membawa instrumen ilmiah dalam perjalanannya, mengumpulkan informasi tentang struktur geologi Mars, atmosfer, lingkungan, dan tanah. Penyelidikan mengumpulkan 1040 GB Data ilmiah mentah, yang dia memiliki Badan tersebut mengatakan bahwa para ilmuwan di lapangan telah memprosesnya dan menyerahkannya kepada tim peneliti untuk studi lebih lanjut.

CNSA mengatakan itu berpartisipasi dalam pengorbit Informasi penerbangan dengan NASA dan Badan Antariksa Eropa (ESA) dan ilmiah Data akan tersedia untuk ilmuwan internasional “pada waktunya”.

Dengan suhu rendah selama musim dingin Mars, serta kondisi pasir dan debu yang buruk, rover berhenti beroperasi pada tanggal 18 Mei yang akan berlanjut melalui musim yang keras sebelum kebangkitannya yang diharapkan pada bulan Desember—ketika memasuki zona pendaratannya di awal musim semi, membawa lebih baik cuaca.

Badan antariksa itu mengatakan pengorbit akan terus melakukan tes dan mempersiapkan misi masa depan.

READ  Paleontologi 'sarang praktik tidak etis yang berakar pada kolonialisme', kata para ilmuwan | berita Inggris

Sebelum kesuksesan China dengan Tianwen-1, hanya Amerika Serikat dan bekas Uni Soviet yang pernah mendaratkan pesawat ruang angkasa di Mars – tetapi India, Badan Antariksa Eropa, dan Uni Emirat Arab mengirim pesawat ruang angkasa untuk memasuki orbit planet.

Dengan Tianwen-1, China adalah negara pertama yang mencoba mengirim pengorbit dan penjelajah pada misi domestik pertamanya ke Mars. NASA, misalnya, mengirim beberapa pengorbit ke Mars sebelum mencoba mendarat.