Juli 24, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Terobosan DNA – Bagaimana pelepasan genetik mengungkap rahasia spesies

Terobosan DNA – Bagaimana pelepasan genetik mengungkap rahasia spesies

Para ahli ekologi telah menemukan bahwa DNA lingkungan spesies (eDNA) dapat memberikan wawasan tentang genetika seluruh populasi, membantu melacak dan mencegah penyebaran spesies invasif. Kemajuan dalam eDNA ini juga membantu melestarikan spesies yang terancam punah, memberikan wawasan yang serupa dengan investigasi forensik.

Para ahli ekologi telah menunjukkan bahwa materi genetik yang… Menggolongkan Melepaskan mereka ke habitatnya tidak hanya dapat mengungkap keberadaan spesies tersebut, tetapi juga berbagai informasi tentang genetika seluruh populasi. Informasi ini dapat membantu peneliti menentukan asal usul populasi invasif baru dan menghentikan invasi lebih lanjut.

Kemajuan di bidang lingkungan hidup DNA (eDNA) juga membuka kemungkinan baru untuk melindungi spesies yang terancam punah dan rentan.

“Untuk melestarikan keanekaragaman hayati, kita semakin dekat dengan apa yang dilakukan ilmuwan forensik setiap hari di TKP,” kata rekan penulis studi David Lodge, direktur Pusat Keberlanjutan Cornell Atkinson.

Dalam studi baru yang diterbitkan di Prosiding National Academy of Sciences, Para peneliti menunjukkan bahwa metodologi mereka berhasil dalam pengambilan sampel lapangan ikan gobi bulat invasif di seluruh Great Lakes dan Finger Lakes di New York.

Dalam penelitian mereka di Great Lakes, yang melibatkan pengumpulan sampel air dan jaringan dari ikan gobi bulat di 13 lokasi dari Danau Michigan hingga Danau Oneida, para peneliti menemukan bahwa metodologi pengambilan sampel e-DNA mereka dapat digunakan untuk mendeteksi variasi genetik inti, sehingga memungkinkan untuk menganalisis Genetika. Keanekaragaman dan perbedaan dalam spesies. Informasi ini berguna bagi pengelola sumber daya alam karena dapat membantu mereka melacak sumber populasi invasif baru serta mencegah invasi lebih lanjut atau mengurangi kerusakan dengan menentukan cara spesies invasif berpindah dan cara menghentikannya.

Terobosan ini juga dapat membantu para ilmuwan memahami demografi spesies yang terancam tanpa harus benar-benar memburu hewan langka dan rentan. Spesies yang mengalami penurunan populasi dapat kehilangan keragaman genetiknya, dan eDNA memungkinkan para peneliti mendeteksi penurunan ini lebih awal, menurut penulis pertama studi tersebut, Cara Andres.

Andres adalah mantan mahasiswa pascasarjana di laboratorium Lodge, dan sekarang menjadi mahasiswa pascadoktoral di Universitas Washington di St. Louis. Makalah ini ditulis bersama rekan penulis Lodge dan José Andres, rekan fakultas Cornell Atkinson dan rekan peneliti senior yang ikut mengarahkan Fasilitas Lingkungan Cornell untuk DNA dan Genomik Dasar.

“Ini adalah langkah besar dalam membuka potensi penuh teknik genomik ketika diterapkan pada sampel eDNA berair,” kata José Andres. “Dalam waktu dekat, saya berharap teknologi ini akan memungkinkan kita mempelajari status dan kesehatan spesies yang sulit ditangkap. Saya yakin hal ini memiliki implikasi yang besar, terutama pada lingkungan laut.”

Referensi: “DNA lingkungan mengungkap keragaman genetik dan demografi spesies invasif di Danau Besar Laurentian” oleh Kara J. Andres, David M. Lodge, dan José Andres, 5 September 2023, Prosiding Akademi Ilmu Pengetahuan Nasional.
doi: 10.1073/pnas.2307345120

Studi ini didanai oleh Departemen Pertahanan AS, Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional, National Science Foundation, dan Cornell Atkinson.

READ  Dia berlari melewati batu dan menemukan belerang murni. • Rekor