Februari 4, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Teleskop Webb mengarahkan pandangannya ke bulan misterius Saturnus, Titan

Teleskop Webb mengarahkan pandangannya ke bulan misterius Saturnus, Titan

Dua gambar Titan mengungkap detail atmosfer dan permukaannya.

Teleskop Luar Angkasa Webb menangkap gambar bulan Saturnus Titan bulan lalu, yang kini telah dirilis untuk kesenangan menonton Anda. Gambar-gambar tersebut memberikan tampilan atmosfer Titan yang mendetail dan terkini, bahkan elemen-elemen permukaannya yang aneh.

Instrumen NIRCam teleskop, yang mengambil gambar dalam rentang inframerah dekat, menangkap pandangan tersebut. Awan muncul di atmosfer Titan (diberi label A dan B secara eksentrik pada gambar beranotasi), tetapi juga terlihat kabur di atas Kraken Mare, yang dianggap sebagai lautan metana, serta bukit pasir gelap.

Lebih banyak data dari Titan diharapkan dari instrumen Webb – termasuk NIRSpec, yang dapat menilai komposisi kimia planet, seperti Itu sudah terjadi dengan planet ekstrasurya yang jauh—pada bulan Mei atau Juni 2023.

Titan sekitar 50% lebih lebar dari bulan Bumi. Ini adalah satu-satunya bulan di tata surya dengan atmosfer besar (yang didominasi oleh nitrogen) dan Sebuah tempat tepat di sebelah tanah Diketahui ada sungai, danau dan laut.

Sementara banyak dari benda cair ini adalah hidrokarbon – bayangkan seluruh lautan metana – para ilmuwan percaya bahwa lautan air mungkin terletak di bawah permukaan es bulan. Hal ini menjadikan Titan lingkungan alien yang menjanjikan dalam pencarian kehidupan di luar Bumi.

Data masa depan juga akan diambil oleh MIRI, alat web inframerah medium. MIRI akan mengungkap lebih banyak spektrum Titan; Gambar dari instrumen terkenal karena semburan warna bintang, yang oleh tim Webb disebut sebagai “skittles” di langit.

Riasan Titan begitu menarik dan misterius sehingga NASA berencana mengirim wahana ke sana pada pertengahan tahun 2030. Alat pemintal setinggi 3 kaki milik Dragonfly akan menempuh perjalanan miliaran mil ke Bulan. Ini akan mencari biosignatures dan mengukur komposisi kimia Titan menggunakan 11 instrumen.

Ini bukan pertama kalinya manusia menempatkan pesawat ruang angkasa di Titan. Pada tahun 2005, wahana Huygens turun ke permukaan dan bahkan mengambil gambar sebelum gelap. Ini menawarkan pandangan yang sangat terbatas pada dunia yang aneh dan jauh ini.

Lebih lanjut: Gambar terbaru dari wahana antariksa yang hancur

READ  NASA Menyelesaikan Struktur Utama Pesawat Ruang Angkasa Europa Clipper - Akan Mencari Kehidupan di Yupiter Es Europa