Februari 8, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Teleskop Luar Angkasa James Webb mendeteksi galaksi mirip Bima Sakti yang bersembunyi di alam semesta awal

lembaga NASA Teleskop Luar Angkasa James Webb Datang dengan barang lagi. Gambar yang dirilis oleh badan antariksa menunjukkan beberapa dari Galaksi tertua yang pernah ditemukan. Galaksi menampilkan apa yang disebut batang bintang – pita bintang memanjang yang memanjang dari pusat galaksi ke cakram luarnya seperti yang terlihat di Bima Sakti. Dua dari enam tanggal kembali ke masa ketika alam semesta baru berusia 3,4 miliar tahun, seperempat dari usianya saat ini.

Salah satu galaksi, EGS-23305, sebelumnya dicitrakan oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble Tetapi resolusinya tidak cukup tinggi bagi para astronom untuk melihat bentuk spiral dan batang bintang yang menonjol. Detail halus ini terlihat jelas dalam gambar beresolusi tinggi yang dihasilkan Webb. Struktur galaksi kedua, EGS-24268, juga terlihat jelas.

Kedua galaksi terlarang itu berusia sekitar 11 miliar tahun, menjadikannya lebih tua dari galaksi mana pun yang ditemukan sebelumnya, dan ditemukan dalam data yang dikumpulkan oleh Webb. Survei Ilmiah Publikasi Awal Evolusi Kosmik (CEER).

Empat galaksi lain yang terlarang lebih dari 8 miliar tahun lalu juga ditemukan dalam data tersebut.

Rekan penulis studi tersebut berkata, “Saya melihat data ini sekali, dan saya berkata, ‘Kami akan membatalkan yang lainnya!'” ” Profesor Shardha Jojidari Universitas Texas di Austin.

“Bilah-bilah yang hampir tidak terlihat dalam data Hubble baru saja muncul di gambar JWST, menunjukkan kekuatan luar biasa dari JWST untuk melihat melalui struktur yang mendasari galaksi.”

Batang bintang memainkan peran sentral dalam evolusi galaksi dengan mengangkut gas dari wilayah luar ke pusat. Gas ini kemudian dengan cepat diubah menjadi bintang baru 10 hingga 100 kali lebih cepat daripada di galaksi lain. Itu juga bisa membantu memicu pertumbuhan lubang hitam supermasif yang ditemukan di pusat galaksi.

READ  Para ilmuwan telah menemukan fosil dinosaurus berbulu raksasa di Patagonia, Chile

Menemukan galaksi terlarang begitu awal di alam semesta menimbulkan pertanyaan tentang teori evolusi galaksi saat ini. Tim sekarang berencana untuk menguji berbagai model evolusi galaksi untuk menjelaskan temuan baru mereka.

“Penemuan batangan awal ini berarti model evolusi galaksi sekarang memiliki jalur baru melalui batangan untuk mempercepat produksi bintang baru pada usia dini,” kata Jogee.

Baca lebih lanjut tentang ruang: