Maret 3, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Teleskop Harian: Gambar baru Io yang menakjubkan mengungkapkan gumpalan gunung berapi

Teleskop Harian: Gambar baru Io yang menakjubkan mengungkapkan gumpalan gunung berapi

Bjorn Johnson

Selamat datang di Teleskop Harian. Terlalu sedikit kegelapan di dunia ini dan tidak cukup terang, terlalu sedikit pseudosains, dan tidak cukup sains. Kami akan membiarkan postingan lain memberikan ramalan bintang harian Anda. Di Ars Technica, kami akan mengambil rute berbeda, menemukan inspirasi dari gambaran nyata alam semesta yang penuh bintang dan keajaiban.

Selamat pagi. Saat itu tanggal 6 Februari, dan gambar hari ini memperlihatkan bulan Jupiter Io dengan cahaya baru.

Selama akhir pekan, operator pesawat ruang angkasa Juno NASA merilis serangkaian gambar baru yang menunjukkan terbang melintasi Io pada 3 Februari, bulan aktif secara vulkanik yang mengorbit Jupiter. Io, jika Anda belum mengetahuinya, adalah dunia vulkanik paling aktif yang diketahui manusia.

Sebagai bagian dari misinya untuk mempelajari Jupiter secara dekat, Juno juga melakukan penerbangan berkala ke beberapa bulan raksasa gas yang paling menarik. NASA kemudian mengajak masyarakat untuk mengolah gambar mentah tersebut untuk mengekstrak detailnya.

Bjorn Johnson melakukan hal itu pada penerbangan terakhir Io, dan menghasilkan gambar yang menakjubkan di postingan ini. Johnson mengatakan tentang karyanya: “Fitur kecil dan terang adalah pantulan spekuler dari fitur yang biasanya tampak gelap (kaca vulkanik?). Sebuah kolom ditampilkan di kanan bawah, yang relatif lebih terang dibandingkan bagian lain gambar dan banyak diproses …. utara di atas.”

Kolomnya ajaib.

sumber: Bjorn Johnson

Ingin mengirim foto ke Daily Telescope? Hubungi kami dan ucapkan halo.

READ  Hujan meteor Perseid pada tahun 2028 mungkin akan terjadi selama berabad-abad