Target Molor, Pembangunan Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung Terus Berjalan

Jakarta, Semarak News – Tak sesuai harapan, ternyata proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung tetap berjalan  walaupun diperkirakan mundur dari rencana awal.

Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman  mengatakan proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung tetap terus berjalan meski meleset dari target awal beroperasi.

Luhut menggelar rapat koordinasi, Selasa yang dihadiri Zulfikri (Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan), PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), juga Staf Khusus Menteri BUMN yang merangkap Chairman PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI) Sahala Lumban Gaol, rapat dilaksanakan di Kator Kemenko Maritim Jakarta.

“Sejumlah  kelemahan dalam proyek tersebut diantaranya terkait pembebasan lahan, harga, dan waktu  konstruksi,” tegasnya.

Menurut Luhut, sampai saat ini tim kecil akan tetap terus melakukan pembahasan teknis mengenai proyek kereta cepat tersebut.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan menjelaskan rapat koordinasi yang dilakukan masih membahas hal-hal teknis terkait proyek tersebut. Namun, ia mengaku pembahasannya masih di tahap awal sebelum dilaporkan dalam dua minggu ke depan kepada Presiden RI.

“Kamis akan ada ratam tim teknis,” tambahnya.

Sahala mengungkapkan salah satu masalah yang cukup signifikan menguras waktu adalah proses pembebasan lahan yang baru bisa dilakukan setelah rencana tata ruang wilayah (RTRW) nasional rampung pada April 2017.

“Pembebasan tanah tidak bisa dilakukan meskipun dulu trasernya sudah keluar, izin pembangun sudah keluar, tetapi harus ikuti aturan-aturannya,” tutupnya.

Pembangunan kereta api cepat Jakarta-Bandung diprediksi akan molor dari waktu yang telah direncakan yaitu selesai pada akhir tahun 2019. Proyek tersebut dipastikan akan rampung pada 2020. (Zul)

TINGGALKAN BALASAN