Juli 25, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Sony mengatakan generasi PlayStation 5 adalah generasi konsol yang paling menguntungkan

Sony mengatakan generasi PlayStation 5 adalah generasi konsol yang paling menguntungkan

Generasi PlayStation 5 secara resmi merupakan generasi perangkat keras Sony yang paling menguntungkan, menurut data baru yang dibagikan oleh perusahaan.

Ini berasal dari segmen bisnis Layanan Permainan dan Jaringan perusahaan Slide rapat dan presentasiYang dibagikan hari ini menyusul laporan pendapatan perusahaan dua minggu lalu. Dalam presentasinya, Sony mengungkapkan bahwa generasi PS5 telah menghasilkan penjualan sebesar $106 miliar sejak diluncurkan, melampaui setiap konsol sebelumnya pada titik yang sama di generasinya.

PlayStation mengatakan generasi saat ini adalah yang paling menguntungkan.

Mari kita beri tanda bintang pada nomor ini secepatnya. Pertama, Sony melaporkan bahwa generasi PS4 menghasilkan total penjualan sebesar $107 miliar, yang jelas lebih dari $106 miliar. Namun generasi PS4 diambil secara keseluruhan, mulai dari tahun fiskal 2013 hingga tahun fiskal 2019, dan mencakup tiga tahun lebih lama dibandingkan generasi PS5 (yang berlangsung dari tahun fiskal 2020 hingga tahun fiskal 2023). Empat tahun setelah siklus hidup PS4, PS4 masih tertinggal jauh dari PS5 saat ini, dan PS5 berada pada kecepatan untuk melampaui total penjualan generasi PS4 pada suatu waktu di tahun ini.

Perlu juga dicatat bahwa jumlah dolar ini adalah total penjualan selama generasi konsol, dan bukan mencerminkan penjualan perangkat keras atau game tertentu. “Generasi PS5” tidak hanya mencakup PS5 itu sendiri, tetapi semua yang dilakukan perusahaan selama generasi ini, termasuk penjualan PS4 dan rilis game selama periode ini. Jadi, ambillah semuanya dengan sebutir garam.

PlayStation menuntut pembelanjaan seumur hidup yang lebih besar untuk PS5.
PlayStation menuntut pembelanjaan seumur hidup yang lebih besar untuk PS5.

Namun tak heran jika generasi PS5 sangat menguntungkan Sony. Bahkan dengan semua tanda bintang di atas, PS5 sejauh ini sudah terjual sebanyak 56 juta unit. Meskipun PS4 telah terjual lebih banyak secara signifikan (117 juta pada hitungan terakhir), PS5 lebih mahal saat diluncurkan dibandingkan PS4. Pengeluaran yang konsisten untuk perangkat lunak sepanjang siklus hidup gabungan keduanya telah membantu generasi konsol Sony saat ini hanya tumbuh dalam penjualan dolar meskipun adopsi konsol agak lambat; Sony melaporkan bahwa PS4 dan PS5 saat ini memiliki 49 juta konsol aktif bulanan.

READ  YouTube TV Akhirnya Menambahkan Audio 5.1 di Google TV, Android TV, dan Roku

Presentasi tersebut juga mencatat bahwa meskipun dengan setengah penjualan unit, pengeluaran YTD untuk PS5 jauh lebih tinggi dibandingkan pengeluaran YTD untuk PS4. Belanja DLC, layanan, dan periferal meningkat, tetapi belanja untuk konten game lengkap sedikit turun di PS5 dibandingkan PS4.

Semua ini berarti bahwa jika ada keraguan sama sekali, PlayStation 5 memiliki kinerja yang baik. Penjualan unit adalah cara yang berguna untuk mengukur minat pemain, namun penjualan tersebut tidak menjelaskan keseluruhan cerita tentang bagaimana sebuah perusahaan mengukur kesuksesan sebuah konsol. Di tengah rumor yang terus-menerus bahwa PS5 Pro akan segera hadir, kita mungkin akan melihat Sony mencoba memanfaatkan generasi saat ini dengan cara baru yang lebih mahal.

Rebecca Valentine adalah reporter senior di IGN. Punya tip cerita? Kirim ke [email protected].