Mei 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Serangan Hizbullah melukai 14 tentara Israel di desa perbatasan

Serangan Hizbullah melukai 14 tentara Israel di desa perbatasan

Kelompok Hizbullah Lebanon mengaku bertanggung jawab atas serangan drone dan rudal lintas batas di Israel utara pada hari Rabu yang menurut militer Israel melukai 14 tentara, enam di antaranya dalam kondisi serius.

Ini adalah salah satu serangan paling dahsyat dalam beberapa bulan terakhir yang dilakukan Hizbullah, proksi regional Iran yang paling kuat, dalam bentrokan yang sedang berlangsung dengan Israel. Intensitas bentrokan meningkat setelah Israel membunuh dua pemimpin Hizbullah. Ada kekhawatiran yang semakin besar akan konflik yang lebih luas antara Israel dan Teheran, yang melancarkan serangan udara besar-besaran terhadap Israel pada akhir pekan.

Hizbullah mengatakan serangannya terhadap desa Badui Arab al-Aramsha di perbatasan Israel adalah sebagai respons terhadap serangan udara Israel sehari sebelumnya, yang menurut militer Israel menewaskan para pemimpinnya. Serangan tersebut memicu serangkaian serangan balasan oleh Hizbullah terhadap pangkalan dan barak militer Israel.

Hizbullah mengklaim sasaran serangan yang terjadi pada Rabu itu adalah unit pengintai militer Israel. Pihak militer menyebutkan enam tentara luka berat, dua orang luka sedang, dan enam orang luka ringan. Dikatakan pihaknya menanggapi serangan itu dengan serangan terhadap sasaran Hizbullah di Lebanon selatan.

Selama lebih dari enam bulan, Hizbullah dan Israel terlibat dalam konflik lintas batas yang semakin meningkat, yang dipicu oleh serangan tanggal 7 Oktober terhadap Israel yang dipimpin oleh Hamas, salah satu kelompok proksi Iran. Pertempuran tersebut telah menyebabkan puluhan ribu warga sipil mengungsi di kedua sisi perbatasan, dan dalam beberapa bulan terakhir serangan Israel di Lebanon mulai menyusup ke negara tersebut.

Aaron Puckerman, Jonatan Rees Dan Gabe Sobelman Dia menyumbangkan laporan dari Yerusalem.

READ  Badan Pangan PBB: Puing-puing dari serangan pesawat tak berawak menghantam sebuah truk di Ethiopia utara