Maret 3, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Sekutu AS mengutuk komentar Trump yang “tidak bertanggung jawab” terhadap Rusia

Sekutu AS mengutuk komentar Trump yang “tidak bertanggung jawab” terhadap Rusia

Buka Intisari Editor secara gratis

Diplomat utama UE dan presiden Jerman telah bergabung dengan para pemimpin Barat lainnya dalam mengecam saran mantan Presiden AS Donald Trump bahwa Rusia akan diizinkan menyerang anggota NATO mana pun yang gagal mengeluarkan cukup dana untuk pertahanan.

Trump mengejutkan mitra-mitra Eropa pada hari Sabtu ketika dia mengatakan selama kampanye pemilihannya bahwa Moskow dapat melakukan “apa pun yang diinginkannya” terhadap anggota NATO yang gagal memenuhi target belanja pertahanan aliansi sebesar 2 persen dari produk domestik bruto.

Pada hari Senin, kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell menggambarkan pernyataan ini sebagai “gagasan konyol yang muncul selama kampanye pemilu di Amerika Serikat.”

“NATO tidak bisa menjadi aliansi militer yang selektif,” kata Borrell kepada wartawan. “NATO tidak bisa menjadi aliansi yang mengandalkan selera humor Presiden Amerika Serikat. . . Tidak, ayolah, mari kita serius.

Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier mengatakan komentar tersebut “tidak bertanggung jawab” dan mengatakan kepada wartawan pada hari Senin bahwa komentar Trump “demi kepentingan Rusia.” Dia menambahkan: “Tidak ada seorang pun di aliansi kami yang tertarik dengan hal ini.”

Seorang juru bicara Gedung Putih pada hari Minggu menggambarkan komentar Trump sebagai “mengerikan dan meresahkan,” sementara Presiden Dewan Eropa Charles Michel mengatakan komentar tersebut “sembrono” dan hanya melayani kepentingan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg memperingatkan bahwa komentar seperti itu melemahkan “seluruh keamanan kita, termasuk Amerika Serikat” dan membahayakan tentara Amerika dan Eropa.

Dia menambahkan: “Saya berharap, siapa pun yang memenangkan pemilihan presiden, Amerika Serikat akan tetap menjadi sekutu yang kuat dan berkomitmen dalam NATO.”

READ  Elon Musk akan menyiapkan $6 miliar untuk membatalkan pinjaman Tesla dari kesepakatan Twitter-nya

Stoltenberg menambahkan bahwa aliansi tersebut tetap “siap dan mampu membela semua sekutu.” Dia berhasil mempertahankan Trump dalam NATO selama masa kepresidenannya dari tahun 2017 hingga 2021, meskipun politisi Partai Republik itu mengancam untuk meninggalkan aliansi militer dan menegur Jerman karena tidak memenuhi target pengeluaran sebesar 2 persen.

Meskipun Jerman dan negara-negara besar Eropa lainnya, termasuk Perancis, masih berada di bawah target, mereka meningkatkan belanja pertahanan setelah invasi penuh Rusia ke Ukraina hampir dua tahun lalu, dan diperkirakan akan mencapai target ini di tahun-tahun mendatang.

Perdana Menteri Estonia Kaja Kallas mengatakan komentar Trump “mungkin menyadarkan beberapa sekutu yang belum berbuat banyak.”

Dalam pidatonya pada hari Sabtu, Trump tampaknya berpegang teguh pada kesalahpahamannya bahwa sekutu NATO memiliki “tagihan” pertahanan yang belum dibayar, bukan target belanja pertahanan.

Berbicara di Carolina Selatan, Trump mengatakan dia mengatakan kepada komandan NATO bahwa dia “tidak akan melindungi mereka” dari Rusia jika mereka “tidak membayar” dan “menunggak.”

“Saya tidak akan melindungi Anda,” kata Trump. “Bahkan, saya akan mendorong mereka untuk melakukan apa pun yang mereka inginkan. Anda harus membayarnya. Anda harus membayar tagihan Anda.”

Christoph Heusgen, presiden Konferensi Keamanan Munich, sebuah forum kebijakan pertahanan Eropa yang mulai bekerja pada hari Jumat, mencatat bahwa Trump telah membuat “pernyataan tidak menentu” di masa lalu, dan menambahkan: “Dia adalah dirinya sendiri.”

Di Brussel, Komisi Eropa mengatakan: “Kami berupaya menciptakan proses internal struktural untuk mempersiapkan semua kemungkinan hasil pemilihan presiden di Amerika Serikat.”

Selama kunjungannya ke Paris, Perdana Menteri Polandia Donald Tusk mengatakan pada hari Senin bahwa “tidak ada alternatif” bagi keamanan Eropa selain Uni Eropa, NATO dan kerja sama transatlantik.

READ  Pasar saham Asia hari ini: pembaruan langsung

“Eropa harus menjadi benua yang aman,” ujarnya mengutip slogan novel Perancis Tiga penembak – “Semua untuk satu, satu untuk semua.”

Pelaporan tambahan oleh Rafael Minder di Warsawa