Februari 26, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Sekelompok bintik matahari yang sangat besar kini muncul, sehingga menimbulkan risiko jilatan api matahari yang dahsyat

Sekelompok bintik matahari yang sangat besar kini muncul, sehingga menimbulkan risiko jilatan api matahari yang dahsyat

Sekelompok bintik matahari raksasa yang menakjubkan, pertama kali terlihat dari Mars dan sekarang diberi nama AR3576, saat ini menghadap ke Bumi, menarik perhatian para astronom, penggemar ruang angkasa, dan peramal cuaca luar angkasa yang peduli.

Gugus tersebut, yang dijuluki “bintik matahari Mars,” pertama kali ditemukan oleh penjelajah Perseverance NASA menggunakan MastCam pada minggu terakhir bulan Januari. Sejak pengamatan awal ini, ukuran bintik matahari ini telah bertambah besar dan kini menghadap planet kita.

Seluruh gugus bintik matahari terbentang jarak yang mengesankan lebih dari 93.200 mil (150.000 km), dengan setidaknya empat inti gelap lebih besar dari Bumi itu sendiri, menurut Iklim luar angkasa. Ukurannya yang sangat besar, setara dengan sekitar 12 lebar Bumi, membuat bintik matahari ini terlihat dari Bumi dengan bantuan kacamata gerhana bersertifikasi ISO.

Cluster bintik matahari AR357, terlihat melalui teleskop Dwarf II pada 9 Februari 2024.

Cluster bintik matahari AR357, terlihat melalui teleskop Dwarf II pada 9 Februari 2024.
gambar: George Dvorsky

Saya menggunakan dua teleskop, Dwarf II dan… Ekuinoks Unibintang 2Keduanya dilengkapi dengan filter surya khusus untuk menangkap gambar bintik matahari yang mengesankan ini dengan jelas dan detail.

Gugus bintik matahari AR357, terlihat melalui teleskop Unistellar Equinox pada 9 Februari 2024.

Gugus bintik matahari AR357, terlihat melalui teleskop Unistellar Equinox pada 9 Februari 2024.
gambar: George Dvorsky

Bintik matahari adalah area yang lebih dingin dan gelap di permukaan Matahari, tampak seperti bintik besar, yang disebabkan oleh medan magnet Matahari yang kompleks. Mereka terbentuk ketika aktivitas magnet yang kuat memperlambat pergerakan normal gas panas di Matahari. Bintik matahari paling sering terjadi dan banyak terjadi pada saat matahari maksimum, suatu periode dalam siklus matahari ketika aktivitas matahari, termasuk badai magnet dan jilatan api matahari, mencapai puncaknya. Bagi kita di Bumi, bintik matahari dapat memengaruhi cuaca luar angkasa, terkadang mengganggu sinyal satelit dan sistem tenaga, dan bahkan memengaruhi komunikasi penerbangan.

Foto AR3576 yang saya ambil sangat bagus, namun tentunya tidak bisa dibandingkan dengan foto yang saya ambil Eduardo Schabergerseorang fotografer hebat yang tinggal di Rafaela, Argentina.

gambar: Eduardo Schaberger

Pada tanggal 29 Januari, Schaberger menerima berita tentang bintik matahari. Sekarang menghadap ke tanah, dan cuaca akhirnya mendukung, Schaberger akhirnya bisa menangkap AR3576. Selain itu, ini adalah momen yang tepat baginya untuk melakukan pengujian kedua terhadap teleskop baru, yang dirancang dan dibangun secara unik di kotanya untuk pencitraan bintik matahari. Teleskop khusus Newton ini memiliki cermin utama yang telah dide-aluminisasi secara khusus untuk menangkap gambar bintik matahari secara detail.

“Saat saya membidik bintik matahari, saya terengah-engah,” kata Schaberger kepada Gizmodo. “Gambar yang saya lihat di layar laptop saya sungguh menakjubkan: sebuah kepulauan besar dengan inti gelap yang membentang sekitar 150.000 kilometer di permukaan Matahari. Selain itu, saya dapat dengan jelas melihat butiran Matahari, dan saya kagum dengan jembatan cahaya tersebut. melintasi salah satu pusat terbesar di planet ini.” “Tempatnya. Sungguh, matahari tidak pernah berhenti memukau.”

Gambar untuk artikel berjudul Munculnya sekelompok bintik matahari yang luar biasa besar, menimbulkan risiko jilatan api matahari yang kuat

Grafik: Nuh

Kelompok bintik matahari khusus ini, yang memiliki struktur magnet kompleks, bersama dengan wilayah lain, AR3575, menghasilkan suar kelas M, yaitu jilatan api matahari sedang dengan kemampuan menyebabkan pemadaman radio dalam waktu singkat. Hadiah Catatan Pusat Prediksi Cuaca Luar Angkasa NOAA mencatat bahwa kedua wilayah ini kemungkinan akan terus menghasilkan suar Kelas M, dan ada juga kemungkinan Kelas In dalam beberapa hari mendatang.

Untuk lebih banyak perjalanan luar angkasa dalam hidup Anda, ikuti kami X (sebelumnya Twitter) dan bookmark khusus Gizmodo Halaman penerbangan luar angkasa.

READ  Sampel bulan perdana NASA dikumpulkan hampir 50 tahun yang lalu