Januari 27, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Sebuah meteorit besar menyembunyikan dua mineral yang belum pernah terlihat sebelumnya di Bumi

Meteorit raksasa yang ditemukan di Somalia ternyata penuh kejutan. Meteorit Al-Ali dinamai berdasarkan lokasi pendaratannya di dekat kota Al-Ali. Beratnya 16,5 ton (15 ton) dan merupakan salah satu meteorit terbesar yang pernah ditemukan. Para ilmuwan yang menyelidiki komposisinya telah menemukan bahwa ia menyembunyikan dua mineral baru yang belum pernah terlihat sebelumnya di Bumi.

Sebuah tim peneliti di University of Alberta di Kanada menemukan mineral tersebut saat memeriksa sepotong kecil batuan luar angkasa seberat 2,5 ons (70 gram). Mineral baru disebut elaliite (untuk kota meteorit terdekat) dan elkinstantonite untuk menghormati Lindy Elkin Tantonpenyelidik utama untuk NASA yang akan datang Misi asteroid psikis.

“Bila Anda menemukan mineral baru, itu berarti kondisi geologis yang sebenarnya, kimiawi batuan, berbeda dengan yang ditemukan sebelumnya,” kata ahli geologi Chris HurdWali Amanat Universitas Alberta Kelompok Al NayzakDalam pernyataan yang dirilis pada Senin. “Itulah yang membuat ini menarik: Dalam meteorit khusus ini Anda memiliki dua mineral yang dijelaskan secara resmi yang baru bagi sains.”

Herd mendatangkan ahli mineral Andew Locock untuk membantu menganalisis meteorit tersebut, yang kini telah diklasifikasikan sebagai jenis meteorit besi. Lowcock dengan cepat mengidentifikasi mineral baru dengan membandingkannya dengan mineral serupa yang dibuat oleh para peneliti secara sintetis di laboratorium.

“Itu tidak biasa,” kata Hurd. “Dibutuhkan lebih banyak usaha untuk mengatakan bahwa ada logam baru.”

Hurd mempresentasikan hasil tim di Simposium Eksplorasi Luar Angkasa di universitas awal bulan ini. Langkah selanjutnya dalam penelitian ini adalah mencari tahu apa yang dapat diberitahukan oleh mineral kepada para ilmuwan tentang komposisi meteorit.

READ  Teleskop Webb memata-matai awan di bawah kabut Titan, bulan Saturnus

Sementara meteorit El Ali baru-baru ini menjadi perhatian komunitas ilmiah, dilaporkan telah dikenal Orang-orang lokal di Somalia yang menelusuri nenek moyang mereka Setidaknya lima generasi. Hanya sebagian kecil dari meteorit yang telah digali untuk dipelajari. Menurut Hurd, tim peneliti mendengar bahwa kunci meteorit telah diangkut ke China, di mana mungkin untuk dijual.

Para ilmuwan masih berharap mendapatkan lebih banyak meteorit tersebut. Mereka telah mengidentifikasi sepertiga kemungkinan mineral baru, dan mungkin ada lebih banyak kejutan yang bersembunyi di bebatuan luar angkasa yang jatuh. Mineral baru mungkin menarik di luar geologi dan astronomi. “Setiap kali materi baru diketahui,” kata Hurd, “ilmuwan material juga tertarik karena potensi penggunaannya dalam berbagai hal di masyarakat.”