Juli 21, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Sebuah meteor menerangi langit biru cerah di Spanyol dan Portugal

Sebuah meteor menerangi langit biru cerah di Spanyol dan Portugal

Sebuah meteor menakjubkan melintas di langit Portugal dan Spanyol pada Sabtu malam, menyilaukan jutaan orang dengan bola api biru kehijauan yang menerangi langit malam.

Benda langit tersebut terlihat mengalir melalui atmosfer, menerangi awan dengan warna biru neon cerah selama sekitar 7 detik.

Badan Antariksa Eropa mengatakan meteorit tersebut tampak seperti pecahan komet yang pecah dan melompati atmosfer bumi pada ketinggian sekitar 35 mil.

Ia melaju dengan kecepatan menakjubkan 1.700 mil per jam.

Pihak berwenang menerima laporan adanya benda jatuh dari langit di Viseu, namun tidak dapat mengidentifikasi kemungkinan lokasi jatuhnya atau menentukan apakah ada meteorit yang jatuh ke Bumi, menurut surat kabar Portugis. Publikasi.

Viseu terletak di Portugal tengah, sekitar 200 mil sebelah utara ibu kota negara, Lisbon.


Diduga meteor tersebut mengalir melintasi langit Portugal dan Spanyol pada Sabtu malam. X/@UHN_Plus

Bola api tersebut terlihat melesat menembus atmosfer, menerangi awan mendung di langit malam dengan warna biru neon terang selama sekitar 7 detik.
Bola api tersebut terlihat melesat menembus atmosfer, menerangi awan mendung di langit malam dengan warna biru neon terang selama sekitar 7 detik. X/@UHN_Plus

Astronom Josep Maria Trejo mengatakan diameter meteorit tersebut kemungkinan besar antara 8 hingga 12 inci Surat kabar Spanyol El Pais.

Badan Perlindungan Sipil Portugal memposting secara online sebuah cerita tentang “jatuhnya meteorit” di daerah Castro Dire, namun outlet tersebut melaporkan bahwa pernyataan tersebut kemudian dicabut.

Badan Antariksa Eropa mengatakan kecil kemungkinan ada potongan meteorit yang akan mencapai Bumi.

Satu video, tampaknya direkam dari kamera dasbor pengemudi pelanggan Pada X, terlihat jelas cahaya biru bersinar melintasi langit.

Klip lain menunjukkan seorang wanita berjalan dengan kameranya mengarah ke langit ketika langit di sekitarnya menyala biru, menyebabkan dia menghentikan langkahnya.

ketiga video Sekelompok orang yang dapat melihat dengan jelas dugaan meteorit itu benar-benar tidak percaya, karena ada serangkaian lalat biru di atas kepala mereka.

Jika sebuah meteorit memasuki atmosfer bumi (atau atmosfer planet lain, seperti Mars), ia memperoleh kecepatan yang sangat tinggi dan mulai terbakar, muncul dalam bentuk bola api, menurut situs web “luar angkasa” Amerika. NASA.

READ  Pendaratan di bulan pertama dilakukan di Amerika Serikat sejak tahun 1972, ketika pesawat ruang angkasa pribadi mendarat di bulan

Meteorit adalah pecahan batuan luar angkasa yang berkeliaran di alam semesta dan terkadang dapat melewati atmosfer bumi dan menghantam permukaan planet.

Kebanyakan meteorit berasal dari asteroid, yaitu benda batuan yang terletak di sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter, sedangkan meteorit lainnya mungkin berasal dari komet.

Badan Antariksa Eropa mengatakan objek yang terlihat di Spanyol kemungkinan besar adalah bagian dari komet.