Februari 25, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Samsung mengumumkan pemulihan H2 setelah kehilangan chip sebesar $3,4 miliar di Q1

Samsung mengumumkan pemulihan H2 setelah kehilangan chip sebesar $3,4 miliar di Q1

  • Laba operasi Januari-Maret turun 95%
  • Pemulihan pada kuartal kedua diperkirakan akan terbatas
  • Samsung menghabiskan sebagian besar belanja modal dari setiap kuartal pertama meskipun merugi
  • Samsung akan mempertahankan investasi chip serupa dengan 2022

Samsung Electronics Co., Ltd. (005930.KS) melaporkan pemulihan chip secara bertahap pada paruh kedua tahun ini setelah bisnis semikonduktornya membukukan rekor kerugian sebesar $3,4 miliar pada hari Kamis, didorong oleh surplus chip lebih dari dua kali lipat. Permintaan untuk perangkat teknis.

Kemerosotan global dalam pembelian semikonduktor di tengah perlambatan ekonomi dan pengetatan ikat pinggang perusahaan membuat harga chip lebih rendah pada kuartal pertama, memangkas produksi di seluruh sektor.

Samsung mengatakan bahwa pada paruh kedua tahun ini, pelanggan akan kehabisan stok dan secara bertahap akan mulai membeli chip lagi.

“Kami memperkirakan tingkat persediaan mulai menurun pada kuartal kedua,” kata Jaejune Kim, wakil presiden eksekutif bisnis memori di Samsung.

Untuk kuartal saat ini, Samsung mengatakan mengharapkan pemulihan terbatas pada chip memori karena perusahaan pusat data utama berinvestasi lebih konservatif di server.

Pembuat chip memori terbesar di dunia itu mengatakan laba operasi turun menjadi 640 miliar won ($478,6 juta) untuk kuartal Januari-Maret, turun 95% dari tahun sebelumnya dan laba terendah dalam kuartal mana pun dalam 14 tahun.

Divisi chip raksasa teknologi Korea Selatan – biasanya sapi perah paling andal – melaporkan kerugian 4,58 triliun won ($3,41 miliar), dibandingkan dengan keuntungan 8,45 triliun won setahun sebelumnya.

Pembeli di seluruh dunia telah mengurangi pembelian mereka karena meningkatnya inflasi. Akibatnya, saham perusahaan smartphone, PC, dan server anjlok, menyebabkan harga chip turun sekitar 70% selama sembilan bulan terakhir.

READ  Pasar Saham Hari Ini: Pembaruan Langsung

Samsung mengumumkan pemotongan langka dalam produksi chip awal bulan ini, bergabung dengan saingan yang lebih kecil seperti SK Hynix Inc (000660.KS).

Meskipun hal ini dapat membantu dengan sedikit pemulihan harga, analis mengatakan pendapatan Samsung pada kuartal saat ini bisa serupa dengan kuartal pertama tanpa adanya kenaikan permintaan yang mendasar untuk perangkat yang menggunakan chip.

“Selain pengurangan produksi pada kuartal saat ini, Samsung mengatakan produksinya akan fleksibel pada semester kedua, yang berarti dapat berpartisipasi dalam pemotongan manajemen inventaris lebih lanjut,” kata Lee Min-hee, seorang analis di BNK Investment & Securities.

Beli chip lagi

Terlepas dari rekor kerugian chip, Samsung mengatakan belanja modal kuartal pertama mencapai 10,7 triliun won, tertinggi pada kuartal pertama setiap tahun.

Dari jumlah tersebut, 9,8 triliun won dihabiskan untuk chip karena Samsung menyiapkan produksi di pabriknya di Taylor, Texas, dan Pyeongtaek, Korea Selatan.

Samsung mengatakan berencana mempertahankan investasi chip memori untuk tahun ini pada tingkat yang sama dengan 2022 untuk mengamankan ruang pabrik.

Dikatakan prospek positif jangka panjangnya tetap tidak berubah karena penyebaran mobil listrik, kecerdasan buatan, dan komputasi berperforma tinggi akan mendorong permintaan chip.

Bisnis seluler Samsung menjadi titik terang, melaporkan laba 3,94 triliun won pada kuartal pertama, naik dari 3,82 triliun won setahun sebelumnya.

“Samsung berfokus pada keuntungan daripada pengiriman” karena memenuhi permintaan yang lebih fleksibel untuk smartphone premium daripada volume, kata Gene Park, analis senior di Counterpoint.

Di paruh kedua, Samsung mengharapkan pasar smartphone meningkat baik dalam pengiriman maupun pendapatan.

Saham Samsung naik 0,3% setelah panggilan pendapatan, membalikkan penurunan sebelumnya. Saham naik 16% year-to-date karena investor mengantisipasi rebound chip memori di paruh kedua.

READ  Inflasi Inggris turun menjadi 6,7%, di bawah ekspektasi karena penurunan harga pangan

($1 = 1.341,4600 menang)

(Laporan oleh Joyce Lee dan Heekung Yang). Diedit oleh Jacqueline Wong

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.