Juli 26, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Saham Tesla kembali naik, memperpanjang reli besar-besaran sebesar 40% selama sebulan terakhir

Saham Tesla kembali naik, memperpanjang reli besar-besaran sebesar 40% selama sebulan terakhir

Saham Tesla ( TSLA ) naik sekitar 1.1% pada awal perdagangan hari Jumat, menempatkan saham tersebut di jalur yang tepat untuk memperpanjang kenaikan beruntun terpanjangnya dalam lebih dari setahun dan terus menjadi pemimpin pasar.

Setelah naik sekitar 30% selama tujuh sesi terakhir — dan naik sekitar 40% dalam sebulan terakhir — saham tersebut mendekati titik impas pada tahun 2024 setelah sejauh ini turun 40% pada pertengahan April.

Selama sebulan terakhir, S&P 500 telah naik sedikit sebesar 3,5%.

Kenaikan Tesla terjadi ketika produsen mobil tersebut berhasil mengalahkan pengiriman triwulanannya pada awal pekan ini.

Terlepas dari hasil produksi dan pengiriman ini, Banteng Tesla Mereka juga menyoroti sektor perusahaan yang paling cepat berkembang – penyimpanan energi.

“Tesla memulai perayaan Hari Kemerdekaannya lebih awal dengan hasil pengiriman Q2 yang positif, penurunan inventaris sekitar 33,000 unit, dan pertumbuhan penyimpanan yang signifikan untuk mengingatkan investor bahwa ini lebih dari sekadar perusahaan mobil,” tulis Adam Jonas dari Morgan Stanley dalam catatannya baru-baru ini. .

Stimulus positif lainnya datang setelah diterbitkannya daftar pengadaan pemerintah daerah Tiongkok, yang mencakup kendaraan Tesla yang diproduksi secara lokal, pada hari Kamis.

Katalog Provinsi Jiangsu di Tiongkok timur mencakup Tesla Model Y, yang berarti pegawai pemerintah diperbolehkan membeli mobil tersebut sebagai kendaraan dinas, menurut Reuters.

HANGZHOU, CHINA - 14 AGUSTUS 2023 - Pelanggan membeli mobil listrik di toko Tesla di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, Tiongkok timur, 14 Agustus 2023. Di hari yang sama, Tesla mengumumkan telah menurunkan harga model mewah Model Y pada tahun pasar Cina, mengurangi Harga setiap mobil dinaikkan sebesar $1.900 (sekitar 14.000 yuan), dan juga mengumumkan subsidi asuransi terbatas sebesar 8.000 yuan untuk pesanan mobil Model 3 yang ada.  (Foto milik CFOTO/Penerbitan Masa Depan melalui Getty Images)

Pelanggan membeli mobil listrik di toko Tesla di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, Tiongkok timur, 14 Agustus 2023. (CFOTO/Future Publishing via Getty Images) (Postingan selanjutnya melalui Getty Images)

Tesla menghadapi persaingan ketat di luar negeri dengan rekan-rekannya di Tiongkok dan menurunnya permintaan mobil listrik di Amerika Serikat. Dalam upaya untuk memangkas biaya, perusahaan tersebut memulai rencana untuk memangkas lebih dari 10% staf globalnya pada awal tahun ini, yang oleh beberapa analis dilihat sebagai tanda masa-masa sulit yang akan datang.

READ  Dow berjangka naik setelah Ketua Fed Powell 'mempercepat' akses ke saham; Tesla jatuh di bawah level kunci

Perusahaan juga memotong harga tahun lalu untuk merangsang penjualan.

Selama rapat pemegang saham Tesla bulan lalu, CEO Elon Musk menegaskan bahwa permintaan dan penjualan jangka pendek akan menghadapi beberapa kesulitan karena industri sedang melalui masa transisi.

“Masih ada risiko penurunan harga lebih lanjut di masa depan, dan memang ada [are] “Masih ada pertanyaan lain tentang fundamental, dan kita masih menghadapi musim dingin kendaraan listrik karena permintaan,” Dan Levy, analis riset ekuitas senior di Barclays, mengatakan kepada Yahoo Finance awal pekan ini. “Jadi, hasilnya bagus. Tapi menurut saya latar belakang dasarnya secara keseluruhan tetap sama.” Levy memberi saham tersebut peringkat bobot yang sama dan target harga $180.

Tesla akan mengumumkan hasil kuartalannya pada 23 Juli setelah pasar tutup. Analis juga menantikan tanggal 8 Agustus ketika perusahaan akan meluncurkan robotaxi yang telah lama ditunggu-tunggu.

“Kunci dari saham Tesla adalah persepsi Street bahwa Tesla adalah permainan AI yang paling diremehkan di pasar”.

Ives menambahkan bahwa acara robot taksi perusahaan pada tanggal 8 Agustus “akan membuka jalan bata kuning.” [full self-driving] “Dan masa depan yang mandiri.”

Saham tersebut telah berhasil mengurangi seluruh kerugiannya sejak awal tahun, melonjak lebih dari 70% dari posisi terendahnya pada akhir April.

Ines Ferry adalah reporter bisnis senior di Yahoo Finance. Anda dapat mengikutinya di X aktif @ines_ferre.

Klik di sini untuk berita pasar saham terkini dan analisis mendalam, termasuk peristiwa pergerakan saham

Baca berita keuangan dan bisnis terkini dari Yahoo Finance