Juni 21, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Republik Pertama: Pemilik baru JP Morgan memangkas 1.000 pekerjaan

Republik Pertama: Pemilik baru JP Morgan memangkas 1.000 pekerjaan

  • oleh Annabelle Liang
  • Wartawan bisnis

sumber gambar, Gambar Getty

Raksasa Wall Street JPMorgan Chase memutuskan untuk memangkas pekerjaan di First Republic Bank AS, setelah membeli perusahaan tersebut bulan ini.

BBC memahami bahwa sekitar 1.000 posisi, atau 15% dari tenaga kerja Republik Pertama, akan dipangkas.

Juga minggu ini, First Citizens, yang membeli satu unit AS dari pemberi pinjaman lain yang kesulitan, mengumumkan pemutusan hubungan kerja.

Awal tahun ini, masalah di bank-bank regional AS memicu kekhawatiran akan meluasnya krisis.

JPMorgan mengonfirmasi akan mengurangi peran yang dimiliki pekerja di bank yang berbasis di San Francisco, tetapi tidak menyebutkan angka kehilangan pekerjaan.

Karyawan yang terkena dampak akan menerima gaji dan tunjangan selama 60 hari, bersama dengan paket yang mencakup satu kali pembayaran dan tunjangan lainnya.

JP Morgan juga mengatakan hal itu membantu mereka menemukan pekerjaan baru di dalam atau di luar perusahaan.

“Sejak mengakuisisi First Republic pada 1 Mei, kami bersikap transparan dengan karyawan mereka dan menepati janji kami untuk memberi tahu mereka tentang status pekerjaan mereka dalam 30 hari,” kata juru bicara JPMorgan dalam sebuah pernyataan.

“Kami menyadari bahwa mereka berada di bawah tekanan dan ketidakpastian sejak Maret dan kami berharap hari ini akan membawa kejelasan dan kesimpulan,” tambah juru bicara itu.

First Republic, terkenal karena bisnis pinjaman rumah yang hebat dan klien kaya yang menetap, adalah pemberi pinjaman terbesar ke-14 di Amerika Serikat pada akhir tahun lalu. Nilainya lebih dari $20 miliar (£16,2 miliar) pada awal April.

Kemudian pada bulan April, First Republic mengatakan telah kehilangan sekitar $100 miliar dalam bentuk simpanan karena pelanggan bergerak untuk menarik uang mereka.

Awal bulan ini, JPMorgan mengatakan akan membayar $10,6 miliar untuk mengakuisisi First Republic dalam kesepakatan yang ditengahi oleh regulator.

Di pasar yang lebih luas, ada juga kekhawatiran tentang nilai obligasi yang dipegang oleh bank, karena kenaikan suku bunga membuat obligasi ini menjadi kurang berharga.

Kegagalan Republik Pertama adalah yang terbesar kedua dalam sejarah AS. Awal bulan ini, 84 kantor bank di delapan negara bagian dibuka kembali sebagai cabang JPMorgan Chase setelah regulator mengambil kendali dan menjualnya ke perusahaan Wall Street.

Sementara itu, operasi AS SVB telah diambil alih oleh First Citizens, dengan bisnisnya di Inggris dibeli oleh raksasa perbankan HSBC yang berbasis di London.

Warga Negara Pertama juga berencana untuk menghilangkan sekitar 500 posisi yang dipegang oleh mantan pekerja SVB, BBC memahami.

Dalam email yang dilihat oleh BBC minggu ini, Frank Holding, CEO First Citizens, menyoroti masalah yang dihadapi SVB awal tahun ini dan mengatakan bahwa pemotongan tersebut akan memengaruhi: “Pilih pekerjaan SVB dan jangan sertakan karyawan di posisi tersebut.” menghadap pelanggan. “