Sorong, Semarak.News – Perkembangan industri pariwisata dan logistik di Indonesia timur selama ini lambat karena pertukaran data dan informasi masih sulit.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan beroperasinya Palapa Ring akan mendorong berkembangnya industri pariwisata dan logistik di Indonesia timur.

Menurut Darmin, pertumbuhan dua sektor di Indonesia Timur itu sangat lambat karena pertukaran data dan informasi di sana masih sulit. Dengan adanya Palapa Ring, Darmin meyakini jika persoalan akses internet itu akan bisa teratasi.

“Bukan hanya pariwisata, tapi logistik, karena pakai teknologi informasi dia,” kata Darmin di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (14/10).

Jokowi kemarin meresmikan pengoperasian proyek Palapa Ring di Istana Negara, Jakarta. Palapa Ring merupakan proyek jaringan serat optik nasional yang digadang-gadang menghubungkan internet di seluruh Indonesia.

Jaringan yang dibangun membentuk cincin yang mengitari tujuh pulau, yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, hingga Papua. Adapun, Palapa Ring terdiri dari tiga paket, yakni Barat, Tengah, dan Timur.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan industri pariwisata yang tercermin dari sektor penyediaan akomodasi dan makanan/minuman pada kuartal II/2019 mencapai 0,17% secara tahunan.

Sementara, pertumbuhan industri logistik yang tercermin dari sektor transportasi dan pergudangan pada kuartal II/2019 mencapai 0,24% secara tahunan.  Adapun, Palapa Ring terdiri dari tiga paket, yakni Barat, Tengah, dan Timur.

Paket Palapa Ring Barat telah dirampungkan pada tahun lalu. Paket Palapa Ring Tengah selesai dikerjakan pada awal 2019. Sementara, paket Palapa Ring Timur baru rampung di Agustus 2019.

Sumber: https://katadata.co.id/berita/2019/10/14/darmin-ada-palapa-ring-dua-industri-indonesia-timur-akan-berkembang

LEAVE A REPLY