CI Gelar Pelatihan Dasar Program SMART di Sorong

CI Gelar Pelatihan Dasar Program SMART di Sorong

0
7
Foto bersama peserta pelatihan SMART usai acara pembukaan di City View Hotel
Foto bersama peserta pelatihan SMART usai acara pembukaan di City View Hotel

Sorong, Semarak.News – Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan keterampilan mengenai teknik pengumpulan dan pcngelolaan data, dalam pengelolaan kawasan konservasi serta kawasan hutan, dengan menggunakan perangkat SMART dan CyberTracker, Conservation Internasional-Indonesia Program bekerjasama dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Papua Barat, menggelar pelatihan dasar program SMART (Spatial Monitoring and Reporting Tool).

Kegiatan yang berkmgsung di Hotel City View Kota Sorong dan sekitarnya itu resmi dibuka oleh Kepala BBKSDA Papua Barat Ir. R Basar Manullang, MM, Senin (9/12). Pada kesempatan yang sama, Manullang juga memberikan pemaparan dengan judul “BBKSDA sebagai Organisasi Pembelajar”.

Dalam arahannya, ia berpesan agar para peserta untuk membiasakan yang benar, bukan membenarkan yang biasa.

“Kerja cerdas terkait performa fisik, kerja cepat terkait pola pikir dan kerja ikhlas, bahwa semua dilakukan dengan hati. Seluruh peserta diharapkan dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan untuk dapat melakukan yang terbaik bagi konservasi dan pembangunan berkelanjutan di Papua Barat,” pcsan Manullang.

Sementara, Senior Manajer West Pnpua Landscape Program CI, Yance de Fretes menjelaskan Spatial Monitoring and Reporting Tool Resort Base Management (SMART-RBM) merupakan sebuah alat yang dapat digunakan untuk merencanakan, mendokumentasikan, menganalisis dan mengeluarkan laporan, sehingga data-data dalam suatu kawasan dapat dikeIoIa dengan baik.

“SMART dapat menjadikan kegiatan lapangan menjadi terukur dan terstandardisasi, sehingga evaluasi dan perencanaan dapat dilakukan dengan baik. SMART juga fieksibel dan dapat digunakan sesuai kebutuhan pengelolaan kawasan, selain itu alat yang canggih ini dirancang untuk digunakan did tingkat awam dan tanpa memerlukan keahlian khusus. Dapat digunakan oleh berbagai pihak termasuk masyarakat,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut, kata dia, akan berlangsung hingga 13 Desember mendatang dengan materi teori, praktek lapangan dan kerja kelompok. Dimana, kata dia, untuk praktek lapangan peserta akan turun ke Taman Wisata Alam (TWA) Km 14 Sorong. “Melalui kegiatan ini, diharapkan peserta dapat memahami dan mengimplementasikan program SMART dalam meningkatkan pengawasan dan pengelolaan kawasan hutan dan konservasi serta sebagai cara untuk mengumpulkan data lapangan,” pungkasnya.

Sumber: https://papuabaratpos.com/ci-gelar-pelatihan-penggunaan-perangkat-smart/

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY