Maret 3, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Raw WWE pindah ke Netflix dalam kesepakatan senilai $5 miliar

Raw WWE pindah ke Netflix dalam kesepakatan senilai $5 miliar

Netflix telah mencapai kesepakatan bernilai miliaran dolar selama 10 tahun untuk memperoleh hak eksklusif atas acara gulat mingguan andalan WWE, “Raw”, seiring raksasa streaming tersebut memperluas penawarannya dengan lebih banyak konten langsung.

Netflix dan TKO Group, perusahaan induk WWE, mengatakan kesepakatan itu akan menghadirkan “Raw” ke Netflix mulai Januari mendatang. Dalam situasi saat ini Selasa. Netflix juga memiliki hak untuk melakukan streaming acara WWE lainnya dan acara spesial di luar Amerika Serikat.

Perjanjian tersebut akan merugikan Netflix lebih dari $5 miliar dan berlaku selama 10 tahun, dengan opsi untuk memperpanjang 10 tahun tambahan atau memilih tidak ikut setelah lima tahun, kata TKO Group dalam sebuah pernyataan. Pengajuan peraturan.

Beberapa jam kemudian, Netflix mengatakan dalam pengumuman pendapatannya bahwa mereka telah menambah 13,1 juta langganan yang merupakan keuntungan kuartal keempat terbesar dalam sejarah perusahaan. Layanan ini kini memiliki 260 juta pelanggan di seluruh dunia.

“Dengan menggabungkan jangkauan, rekomendasi, dan basis penggemar kami dengan WWE, kami akan dapat memberikan lebih banyak hiburan dan nilai kepada penggemar dan anggota kami,” kata Bela Bajaria, kepala konten di Netflix, dalam sebuah pernyataan.

Dengan kesepakatan WWE, Netflix secara signifikan memperluas jangkauan program langsungnya, termasuk reality show “Love Is Blind.” Streaming acara langsung dapat menjadi tantangan tersendiri bagi Netflix, yang mengalami kesulitan teknis selama episode reuni “Love Is Blind” pada April lalu. Namun, komedi live Chris Rock berjalan lancar sebulan lalu. Netflix akan menyiarkan langsung Screen Actors Guild Awards untuk pertama kalinya bulan depan.

Perusahaan baru-baru ini berfokus pada film dokumenter olahraga pada acara olahraga langsung. Namun menambahkan “Raw” ke dalam jajarannya membuat Netflix lebih kompetitif dengan pesaingnya seperti Peacock, yang menjadikan acara olahraga langsung sebagai tulang punggung layanannya dan baru-baru ini menyiarkan pertandingan playoff NFL. Amazon Prime telah menyiarkan pertandingan NFL Kamis malam sejak 2022; Apple telah menandatangani kontrak senilai $250 juta per tahun dengan Major League Soccer dan perjanjian tambahan dengan Major League Baseball.

READ  Jeremy Renner berterima kasih kepada para penggemarnya atas simpati mereka di pos media sosial pertamanya setelah kecelakaan menyekop salju

Beberapa bulan yang lalu, Ted Sarandos, co-CEO perusahaan, mengatakan kepada analis selama panggilan pendapatan kuartal ketiga bahwa film dokumenter dan acara di balik layar seperti “Drive to Survive”, “Full Swing”, dan “Quarterback” adalah ” terbaik.” Bagian dari bisnis olahraga yang paling kami berikan nilai adalah drama olahraga.

Dia menambahkan tentang siaran langsung olahraga: “Kami tidak anti-olahraga. Kami hanya pro-profit. Kami belum menemukan cara untuk melakukan itu.”

Kesepakatan dengan WWE, sebuah organisasi terkait olahraga yang sebagian besar menampilkan konten langsung dan tertulis, bisa menjadi langkah untuk mencari tahu.

“Kemitraan WWE-Netflix adalah hal yang besar,” kata analis Forrester, Mike Proulx, seraya mencatat bahwa peralihan perusahaan ke siaran langsung olahraga menyerupai perubahan dalam strategi periklanannya. Selama bertahun-tahun, eksekutif perusahaan berjanji bahwa layanan tersebut tidak akan pernah menyertakan iklan. Namun, tahun lalu, Netflix mulai menawarkan langganan yang didukung iklan dengan harga bulanan lebih rendah.

Netflix kini mengatakan bahwa paket periklanannya mencakup 40 persen dari seluruh langganan baru di pasar tempat paket tersebut tersedia. Pendapatan kuartal keempat meningkat 12 persen dibandingkan tahun sebelumnya, mencapai $8,8 miliar, sementara laba bersih mencapai $938 juta.

“Jangan salah, perombakan Netflix dalam siaran langsung olahraga adalah tentang periklanan karena perusahaan melipatgandakan upayanya untuk menarik merek-merek besar, dibandingkan menghabiskan anggaran TVnya untuk meningkatkan jumlah pemirsa Netflix,” kata Mr. Proulx.

Ketika bisnis streaming di AS semakin matang, kemungkinan besar akan ada lebih banyak kesepakatan semacam ini, kata analis KPMG, Scott Purdy.

“Hak media sangat menarik bagi perusahaan streaming karena Anda memiliki jaminan penonton yang ingin menonton pertandingan, pertandingan, atau acara besar,” katanya. “Ini pasti akan berdampak pada jumlah anggaran konten yang dialokasikan untuk siaran langsung olahraga dibandingkan opsi konten lainnya.”

READ  Penggemar film dapat menuntut trailer yang menyesatkan, American Movie Judge Rules

“Raw,” yang meluncurkan karir bintang-bintang seperti Stone Cold Steve Austin, John Cena dan Dwayne (The Rock) Johnson, telah muncul di televisi linier sejak debutnya pada tahun 1993. Sekarang mengudara di USA Network, menarik 17,5 juta penonton. Penonton unik per tahun, menurut WWE

TKO, yang dikendalikan oleh pialang kekuasaan Hollywood Arie Emanuel Endeavour dan dibentuk melalui penggabungan WWE dan Ultimate Fighting Championship tahun lalu, mengatakan dalam Pernyataan terpisah Tuan Johnson akan bergabung dengan Dewan Direksinya. Saham TKO melonjak sekitar 16 persen pada hari Selasa. Saham Netflix sedikit naik.

Pengumuman WWE muncul satu hari setelah Netflix mengumumkan bahwa Scott Stuber, presiden film perusahaan tersebut, yang telah memikat pembuat film seperti Rian Johnson, Zack Snyder, dan Greta Gerwig ke layanan streaming tersebut, akan berangkat pada bulan Maret. Tim filmnya menerima 18 nominasi Oscar pada hari Selasa, menempati peringkat kedua di antara studio film setelah Disney.