Ratusan Petani Jambi Lakukan Demonstrasi Peringati Hari Tani Nasional

Demonstrasi Serikat Tani Nasional Jambi Peringati Hari Tani Nasional

Jambi, Semarak.News – 24 September merupakan hari bersejarah bagi pergerakan perlawanan kaum Tani di Indonesia. Pasalnya, terhitung 58 tahun silam pemerintah Soekarno menetapkan sebagai peringatan Hari Tani Nasional, tanggal tersebut sesuai dengan momentum lahirnya Undang-undang Pokok Agraria (UUPA) tahun 1960.

Dalam rangka memperingati Hari Tani Nasional ratusan  petani dari berbagai daerah di provinsi Jambi mengadakan Aksi Unjuk Rasa di depan kantor DPRD provinsi Jambi dengan tema Hentikan Eksploitasi Sumber Daya Alam, Wujudkan Keadilan Agraria dan Ekonomi Rakyat.

Massa yang hadir mewakili dari beberapa LSM antara lain : WALHI Jambi,  Persatuan Petani Jambi (PPJ) , Sarikat Tani Tebo (STT),  Jaringan Masyarakat Gambut Jambi (JMGJ),  Serikat Petani Batang Hari (SPB),  Konsorsium Pembaharuan Agraria (KPA Jambi),  Serikat Tani Bersatu (STB Tanjabbar).

Adapun tuntutan aksi unjuk rasa tersebut adalah:

1. Menuntut secepatnya pemerintah provinsi Jambi membentuk POKJA yang langsung diketuai oleh gubernur Jambi serta melibatkan Serikat Tani dalam rangka percepatan pelaksanaan Reformasi agraria di Jambi.

2. Pemerintah harus mengembalikan tanah tanah petani yang direbut oleh perusahaan.

3. Hentikan intimidasi terhadap petani

Tuntutan tersebut dimaksudkan dalam rangka untuk mendesak pemerintah provinsi Jambi segera melaksanakan agenda penyelesaian konflik agraria,  pemilihan harga harga jual komoditi petani dan pemulihan kembali lingkungan yang sudah rusak akibat eksploitasi yang dilakukan industri ekstraktif di Provinsi Jambi.  (RNRP) 

TINGGALKAN BALASAN