Juli 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Produk pembersih rumah tangga biasa diketahui melepaskan triliunan serat mikroplastik

Produk pembersih rumah tangga biasa diketahui melepaskan triliunan serat mikroplastik

Penelitian mengungkapkan bahwa spons melamin, yang biasa digunakan untuk membersihkan, melepaskan lebih dari satu triliun serat mikroplastik secara global setiap bulannya karena keausan. Serat ini dapat mencemari sistem air dan memasuki rantai makanan.

Spons melamin melepaskan triliunan serat mikroplastik setiap bulannya, sehingga menimbulkan risiko lingkungan. Solusi yang disarankan adalah membuat spons lebih padat dan menggunakan metode pembersihan alternatif.

Jika Anda memiliki sepatu putih atau mencoba membersihkan bekas krayon di dinding, Anda mungkin bersyukur dengan spons melamin. Dikenal karena kemampuannya menghilangkan noda dan lecet yang membandel tanpa memerlukan bahan pembersih tambahan, spons ini mengandalkan sifat abrasifnya yang khas. Namun, spons “ajaib” ini melepaskan serat mikroplastik saat rusak. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ACS Ilmu pengetahuan dan teknologi lingkunganDiperkirakan spons melamin berkontribusi terhadap pelepasan lebih dari satu triliun serat mikroplastik secara global setiap bulannya.

Busa melamin terdiri dari polimer poli(melamin-formaldehida) – jaringan untaian plastik keras yang dikumpulkan menjadi busa lembut dan ringan yang sangat abrasif, menjadikannya bahan ideal untuk spons yang sangat gatal. Namun ketika spons habis digunakan, busa tersebut terurai menjadi potongan-potongan kecil yang dapat melepaskan serat mikroplastik yang meresap ke dalam sistem saluran pembuangan. Setelah dilepaskan ke lingkungan, serat tersebut dapat dikonsumsi oleh satwa liar dan masuk ke dalam rantai makanan. Yu Su, Baoshan Xing, Rong Ji dan rekannya ingin melihat bagaimana kepadatan spons melamin dan kekasaran permukaan yang digosok mempengaruhi seberapa cepat busa terurai, serta menghitung berapa banyak serat mikroplastik yang terlepas dari spons.

Hasil penelitian tentang emisi mikroplastik

Tim membeli beberapa spons dari tiga merek ternama, kemudian berulang kali menggosokkannya ke permukaan logam sehingga busanya terkikis. Mereka menemukan bahwa spons yang terbuat dari busa yang lebih padat terkikis lebih lambat dan menghasilkan lebih sedikit serat mikro plastik dibandingkan spons yang kurang padat. Selanjutnya, tim menentukan bahwa satu spons melepaskan sekitar 6,5 juta serat per gram spons yang sudah usang, dan mereka berasumsi bahwa semua spons yang dijual rata-rata mengalami keausan sebesar 10%. Untuk mendapatkan gambaran kasar tentang berapa banyak serat yang dapat dilepaskan per bulan, mereka melihat penjualan bulanan Amazon pada Agustus 2023. Dengan asumsi angka tersebut tetap konstan, tim menghitung bahwa 1,55 triliun serat dapat dilepaskan dari spons melamin setiap bulannya. Namun, angka ini hanya memperhitungkan satu pengecer online, sehingga jumlah sebenarnya mungkin lebih tinggi.

READ  Fisikawan maju dalam perlombaan superkonduktivitas suhu kamar

Untuk membantu mengurangi emisi serat mikroplastik, peneliti merekomendasikan agar produsen membuat spons yang lebih padat, kaku, dan tahan abrasi. Selain itu, mereka menyarankan agar konsumen memilih produk pembersih alami yang tidak menggunakan plastik dan merekomendasikan pemasangan sistem filtrasi untuk menangkap serat mikroplastik yang berjatuhan baik di rumah maupun di instalasi pengolahan air limbah.

Referensi: “Pembentukan kimia-mekanis dari serat mikroplastik poli(melamin-formaldehida) selama pemakaian spons pembersih” oleh Yu Su, Chenqi Yang, Songfeng Wang, Huimin Li, Yiyu Wu, Baoshan Xing, dan Rong Jie, 6 Juni 2024, Ilmu pengetahuan dan teknologi lingkungan.
doi: 10.1021/acs.est.4c00846

Para penulis mengakui adanya pendanaan dari National Natural Science Foundation of China dan Key Area Research and Development Program di Provinsi Guangdong.