Mei 28, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Smoke rises after missiles landed at sunset on April 28, in Kyiv, Ukraine.

Presiden Ukraina mengatakan bahwa rudal menghantam Kyiv selama kunjungan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa

Asap mengepul setelah roket mendarat saat matahari terbenam pada 28 April di Kyiv, Ukraina. (John Moore/Getty Images)

Pejabat Ukraina mengutuk serangan rudal Rusia di Kyiv Kamis malam, yang terjadi saat Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres mengakhiri kunjungannya ke ibukota Ukraina.

Presiden Volodymyr Zelensky, dalam pesan video hariannya, mengatakan, “Hari ini, segera setelah pembicaraan kita selesai. [with Guterres] Di Kyiv, rudal Rusia terbang di atas kota. 5 rudal. Ini mengatakan banyak tentang sikap Rusia yang sebenarnya terhadap lembaga-lembaga global, tentang upaya kepemimpinan Rusia untuk mempermalukan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan semua yang diperjuangkan organisasi itu. Oleh karena itu diperlukan respon yang tepat dan kuat.”

“Serangan rudal Rusia di Ukraina – di Kyiv, Fastiv, Odessa, Khmelnitsky dan kota-kota lain – membuktikan sekali lagi bahwa kita belum bisa bersantai, kita tidak bisa percaya bahwa perang telah berakhir. Kita masih harus berjuang, kita perlu mengusir penjajah, ” kata Zelensky.

Perdana Menteri Ukraina Denis Shmyal mengatakan dalam sebuah tweet: “Selama pertemuan dengan @antonioguterres di Kyiv, kami mendengar ledakan. Rusia meluncurkan serangan rudal ke ibukota. Saya yakin bahwa perilaku berani penjajah akan dinilai dengan benar oleh pemerintah. Sekretaris Jenderal PBB. Perang di Ukraina adalah Serangan terhadap keamanan global!”

Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Layanan Darurat Negara Kyiv:

“Pada 28 April, pukul 8:13 malam, Layanan Darurat Negara Kyiv menerima laporan kebakaran di distrik Shevchenkivsky di ibukota. Akibat tembakan musuh, kebakaran terjadi di sebuah gedung apartemen 25 lantai dengan sebagian penghancuran lantai pertama dan kedua.
Pukul 21.25 WIB api berhasil dipadamkan di atas lahan seluas 100 meter persegi. Operasi pencarian dan penyelamatan sedang berlangsung. Menurut data awal, 5 orang berhasil diselamatkan dan 10 lainnya luka-luka. Informasi telah diklarifikasi.