Aksi Penyusupan dalam Kegiatan Webinar yang diadakan oleh KPU Provinsi Sumbar

Aksi Penyusupan dalam Kegiatan Webinar yang diadakan oleh KPU Provinsi Sumbar

0
15
Kegiatan Webinar KPU Sumatera Barat (Sumber Foto: Antara-Mario Sofia Nasution)
Kegiatan Webinar KPU Sumatera Barat (Sumber Foto: ANTARA-Mario Sofia Nasution)

Padang, Semarak.News – Terjadi insiden penyusupan oleh peserta tidak dikenal ketika acara webinar yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Sumatera Barat, Senin (22/6) terkait Sosialisasi PKPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga PKPU 15 Tahun 2019 terkait Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pilkada 2020.

Aksi penyusupan itu diikuti dengan munculnya suara keras keributan dengan bahasa asing, dan munculnya video asusila dari layar peserta tersebut.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Sumbar, Izwaryani mengatakan jika webinar tersebut merupakan kegiatan virtual pertama kali yang diadakan oleh KPU Sumbar. Webinar tersebut juga dilakukan secara terbuka karena ruang rapat virtual dan password disebar bebas di akun sosial media KPU Sumbar.
“Kami bertujuan agar sosialisasi dapat diikuti semua pihak” ucap Izwaryani, Senin (22/6).
Terganggunya kegiatan webinar yang disusupi peserta yang tidak bertanggung jawab merupakan bukti masih minimnya kesadaran keamanan siber oleh masyarakat.

Peserta webinar dari perwakilan Partai PDI Perjuangan, Taufik mengatakan hal tersebut terjadi karena akses masuk webinar telah tersebar luas hingga akun tersebut merusak kegiatan, dan tindakan tersebut bukanlah bentuk peretasan.
“Ini bukan peretasan namun karena akses webinar yang bebas diakses orang banyak” ucapnya.

Sebelumnya, kegiatan tersebut berjalan dengan lancar yang dibuka oleh Ketua KPU Sumatera Barat, Amnasmen. Namun pada sesi terakhir terjadi kekacauan ketika penyusup tersebut memasuki ruang rapat.

Kegiatan webinar diikuti oleh segenap Forkopimda, perwakilan tiap parpol, hingga awak media.

Setelah akun tersebut dihilangkan oleh pihak KPU Sumbar, moderator langsung meminta maaf atas kejadian tersebut dan langsung menutup kegiatan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY